Pages

Minggu, 14 Juli 2013

SEMBILAN KECERDASAN ANAK

SEMBILAN KECERDASAN ANAK
(1)   Kecerdasan Berbahasa 
Kecerdasan linguistik ->yang dapat berkembang bila dirangsang melalui berbicara, mendengar, membaca, menulis, berdiskusi, dan bercerita
POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Menggunakan kosakata
Membaca, menulis, bercerita, bermain dgn permainan kata-kata
Buku-buku, radio-kaset, alat tulis-menulis, diskusi, debat, cerita

(2)   kecerdasan logica-matematik
POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Menggunakan angka dan alasan
Bereksperimen, bertanya, memecahkan teka-teki, menghitung
Bahan-bahan untuk melakukan eksperimen, bahan-bahan IPA, kunjungan ke planetarium dan museum IPA
Kecerdasan logika-matematika -> yang dapat dirangsang melalui kegiatan menghitung, membedakan bentuk, menganalisis data & bermain dengan  benda-benda.

(3)   Kecerdasan Visual-Spasial
Kecerdasan visual-spasial -> yaitu kemampuan dalam memahami ruang yang dapat dirangsang melalui bermain balok-balok dan bentuk-bentuk geometri melengkapi puzzle, menggambar, melukis, menonton film maupun bermain dengan daya khayal (imajinasi).

POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Menggunakan gambaran dan gambar-gambar
Mendesain, menggambar, memvisualisasikan, mencoret-coret
Seni, LEGO, video, film, slide, permainan imajinasi, labirin, teka-teki, buku-buku bergambar, kunjungan ke museum seni

(4)   Kecerdasan musikal/seni
Kecerdasan musikaL ->yang dapat dirangsang    melalui irama, nada, birama, berbagai bunyi & bertepuk tangan

POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Melalui irama dan melodi
Bernyanyi, bersiul, bersenandung, mengetuk-ngetuk dengan kaki dan tangan, mendengarkan
Bernyanyi-nyanyi, menonton konser, bermain musik di rumah dan di sekolah, bermain alat musik.

(5)    Kecerdasan Gerak (Kinestetik)
Kecerdasan kinestetik-> yang dapat dirangsang  melalui gerakan, tarian, olahraga, & gerakan tubuh

POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Melalui sensasi fisik
Menari, berlari, meloncat, membentuk, menyentuh, gerak tubuh
Bermain peran, drama, gerak, sesuatu yang hendak dibentuk, olahraga dan permainan fisik, pengalaman yang menyentuh, pembelajaran secara manual

(6)   Kecerdasan Interpersonal /Sosial
Kecerdasan interpersonal -> kemampuan untuk melakukan hubungan antar manusia (berkawan) yang dapat dirangsang melalui bermain bersama teman, bekerjasama, bermain peran, dan memecahkan masalah serta menyelesaikan konflik

POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Melalui pemberian dukungan atas gagasan ide orang lain
Memimpin, mengatur, berteman, bertindak sebagai penengah, bersukaria
Teman, kelompok bermain, pertemuan sosial, pertemuan kelompok masyarakat, klub, pembimbing

(7)   Kecerdasan Intrapersonal (memahami diri sendiri)
Kecerdasan intrapersonal -> kemampuan memahami diri sendiri yang dapat dirangsang melalui pengembangan konsep diri, harga diri, mengenal diri sendiri, percaya diri, kontrol diri dan disiplin
POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Sesuai dengan kebutuhan perasaan, dan maksud tujuan
Menyusun tujuan, berperan sebagai penengah, bermimpi, berencana, merenung
Tempat-tempat rahasia, kesendirian, kegiatan yang dilakukan sendiri, pilihan






(8)   Kecerdasan Natural/ Lingkungan
Kecerdasan naturalis-> yaitu mencintai keindahan alam, yang dapat dirangsang melalui pengamatan lingkungan, bercocok tanam, termasuk mengamati fenomena alam seperti hujan

POLA PIKIR
KESUKAAN
KEBUTUHAN
Melalui alam dan pola-pola alam
Bermain dengan binatang, berkebun, melakukan penyelidikan terhadap alam, membesarkan binatang, menghargai planet bumi
Kesempatan berhubungan dengan alam, kesempatan berinteraksi dengan binatang, alat untuk menyelidiki alam (misalnya: kaca pembesar, teleskop)

(9)   Kecerdasan Spritual (Religi/Keagamaan)
Kecerdasan spiritual -> yaitu kemampuan mengenal dan mencintai ciptaan Tuhan, yang dirangsang melalui penanaman nilai-nilai moral dan agama.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates