SEMBILAN KECERDASAN ANAK
(1) Kecerdasan Berbahasa
Kecerdasan linguistik ->yang dapat berkembang bila dirangsang melalui berbicara, mendengar, membaca, menulis, berdiskusi, dan bercerita
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Menggunakan kosakata | Membaca, menulis, bercerita, bermain dgn permainan kata-kata | Buku-buku, radio-kaset, alat tulis-menulis, diskusi, debat, cerita |
(2) kecerdasan logica-matematik
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Menggunakan angka dan alasan | Bereksperimen, bertanya, memecahkan teka-teki, menghitung | Bahan-bahan untuk melakukan eksperimen, bahan-bahan IPA, kunjungan ke planetarium dan museum IPA |
Kecerdasan logika-matematika -> yang dapat dirangsang melalui kegiatan menghitung, membedakan bentuk, menganalisis data & bermain dengan benda-benda.
(3) Kecerdasan Visual-Spasial
Kecerdasan visual-spasial -> yaitu kemampuan dalam memahami ruang yang dapat dirangsang melalui bermain balok-balok dan bentuk-bentuk geometri melengkapi puzzle, menggambar, melukis, menonton film maupun bermain dengan daya khayal (imajinasi).
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Menggunakan gambaran dan gambar-gambar | Mendesain, menggambar, memvisualisasikan, mencoret-coret | Seni, LEGO, video, film, slide, permainan imajinasi, labirin, teka-teki, buku-buku bergambar, kunjungan ke museum seni |
(4) Kecerdasan musikal/seni
Kecerdasan musikaL ->yang dapat dirangsang melalui irama, nada, birama, berbagai bunyi & bertepuk tangan
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Melalui irama dan melodi | Bernyanyi, bersiul, bersenandung, mengetuk-ngetuk dengan kaki dan tangan, mendengarkan | Bernyanyi-nyanyi, menonton konser, bermain musik di rumah dan di sekolah, bermain alat musik. |
(5) Kecerdasan Gerak (Kinestetik)
Kecerdasan kinestetik-> yang dapat dirangsang melalui gerakan, tarian, olahraga, & gerakan tubuh
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Melalui sensasi fisik | Menari, berlari, meloncat, membentuk, menyentuh, gerak tubuh | Bermain peran, drama, gerak, sesuatu yang hendak dibentuk, olahraga dan permainan fisik, pengalaman yang menyentuh, pembelajaran secara manual |
(6) Kecerdasan Interpersonal /Sosial
Kecerdasan interpersonal -> kemampuan untuk melakukan hubungan antar manusia (berkawan) yang dapat dirangsang melalui bermain bersama teman, bekerjasama, bermain peran, dan memecahkan masalah serta menyelesaikan konflik
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Melalui pemberian dukungan atas gagasan ide orang lain | Memimpin, mengatur, berteman, bertindak sebagai penengah, bersukaria | Teman, kelompok bermain, pertemuan sosial, pertemuan kelompok masyarakat, klub, pembimbing |
(7) Kecerdasan Intrapersonal (memahami diri sendiri)
Kecerdasan intrapersonal -> kemampuan memahami diri sendiri yang dapat dirangsang melalui pengembangan konsep diri, harga diri, mengenal diri sendiri, percaya diri, kontrol diri dan disiplin
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Sesuai dengan kebutuhan perasaan, dan maksud tujuan | Menyusun tujuan, berperan sebagai penengah, bermimpi, berencana, merenung | Tempat-tempat rahasia, kesendirian, kegiatan yang dilakukan sendiri, pilihan |
(8) Kecerdasan Natural/ Lingkungan
Kecerdasan naturalis-> yaitu mencintai keindahan alam, yang dapat dirangsang melalui pengamatan lingkungan, bercocok tanam, termasuk mengamati fenomena alam seperti hujan
POLA PIKIR | KESUKAAN | KEBUTUHAN |
Melalui alam dan pola-pola alam | Bermain dengan binatang, berkebun, melakukan penyelidikan terhadap alam, membesarkan binatang, menghargai planet bumi | Kesempatan berhubungan dengan alam, kesempatan berinteraksi dengan binatang, alat untuk menyelidiki alam (misalnya: kaca pembesar, teleskop) |
(9) Kecerdasan Spritual (Religi/Keagamaan)
Kecerdasan spiritual -> yaitu kemampuan mengenal dan mencintai ciptaan Tuhan, yang dirangsang melalui penanaman nilai-nilai moral dan agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar