Pages

Rabu, 10 April 2013


ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN FISIK
1. Perkembangan fisik manusia meliputi 4 aspek
      a.Sistim syaraf yang sangat mempengaruhiperkembangan kecerdasan  dan  
         Emosi (IQ dan perasaan)
      b.Otot yang mempengaruhi kekuatan dan kemampuan motorik
      c.Kelenjar endokrin,dapat menyebabkan munculnya pola tingkahlaku baru seperti          mulai senang ngumpul bersama lawan jenis.
     d.Struktur Fisik ( tinggi,lebar,besar,proporsi)
2.Perkembangan Psicomotorik
     a.berjalan dan memegang benda
     b.bermain dan berkembang
3.Proses perkembangan motorik
   Sebagai catatan: bahwa yang berpengaruh terhadap proses dan produk  
   perkembangan fisik dan prilaku peicimotorik adalah faktor heriditas.lingkungan  
   alamiah,social,kesempatan dalam berlatih, nutrisi dan gizi.
4.Perkembangan intelegensial.
    Faktor yang mempengaruhi perkembangan inlegensial
     1.betambahnya info yang disimpan dalam otak seseorang sehingga mampu   
        berfikir reflektif
    2.Banyaknya pengalaman dan  latihan memecahkan masalah sehingga dapat  
        berfikir proporsional,
    3.Adanya kebiasaan berfikir yang dapat menimbulkan keberanian seorang  dalam  
       menyusun fantasi( hipotesis yang  radikal ) ,kebebasan menjajaki masalah secara        keseluruhan dan menunjang keberanian anak memecahkan maalah dan   
       menarik kesimpulan yang baru dan benar.

Sebuah Kurva perkembangan intelegensi menurut john Conrat.
1.Laju perkembangan intelegensi berlangsung sangat pesat sampai masa remaja awal  
   setelah itu masa kepesatannya langsung menurun.
2.puncak perkembangan pada umumnya dicapai penghujung masa remaja akhir (  
   sekitar usia 20 tahun ) setelsh itu perubahan sangat tipis berlangsung hingga 50  
   tahun setelah itu sampai 60 tahun mapan/planten selanjutnya menurun terus.
3.tredapat variasi dalam waktu-waktu laju kecepatan deklinasi menurut jenis-jenis  
   kecepatan tertentu
4.Perkembangan social
>Perubahan dari makhluk individu menuju makhluk social
Proses perkembangannya berlangsung secara bertahap mulai dari masa kanak-kanak sampai masa pubertas( masa remaja akhir).dimasa ini sudah ada perasaan bertanggungjawab
        Ø Perubahan dalam perilaku social
        Ø Pengelompokan social baru
        Ø Nilai baru dalam penilaian social
        Ø Minat social
      Ø Perilaku Sosial



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates