KURIKULUM PEMBELAJARAN
Kurikulum Lembaga berdasarkan pada :
1.Tujuan
2.Visi
3.Misi
Menu Pembelajaran Generik Anak Usia Dini maupun Standart Paud Tingkat Pencapaian Perkembangan >>>bermakna sama yaitu Berisi seperangkat kegiatan belajar melalui bermain yang dapat memberikan pengalaman langsung bagi anak dalam rangka mengembangkan seluruh potensi perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak .
STANDAR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ?????? menurut PERMENDIKNAS NO 58 TAHUN 2009
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan/menu generik harus menjadi acuan dalam pembuatan kurikulum, Prinsip belajar, penataan lingkungan belajar, penyediaan bahan material, dan program belajar anak harus merujuk pada standar yang sudah ditetapkan.
Namun untuk pendekatan pembelajaran dapat dipilih oleh masing-masing lembaga.
Dalam pelaksanaan akan terjadi perbedaan-perbedaan karena perbedaan bentuk layanan PAUD, penggunaan waktu, kelompok usia yang dilayani dan kondisi lembaga .
PENGERTIAN PERENCANAAN
• Menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
• Menentukan apa yang akan dilakukan
• Menetapkan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kelompok untuk mencapai tujuan yang digariskan
• Awal dari semua proses yang rasional dan mengandung sifat optimisme yang didasarkan atas kepercayaan bahwa akan dapat mengatasi berbagai macam permasalahan
• Menyusun langkah-langkah penyelesaian suatu masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu.
• Menggambarkan aktivitas secara keseluruhan sebelum kegiatan yang sesungguhnya dilaksanakan
• Gambaran kegiatan yang akan dilakukan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran
• Perencanaan yang baik = 50% keberhasilan
• Gagal merencanakan = merencanakan kegagalan
• Sebagai acuan bagi pendidik dalam mengelola pembelajaran
JIKA PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI SEGI KEGIATAN GURU/PENDIDIK, MAKA TERLIHAT BAHWA GURU/PENDIDIK MEMEGANG PERANAN YANG SANGAT PENTING DALAM HAL INI GURU/PENDIDIK BERFUNGSI SEBAGI PEMBUAT KEPUTUSAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN : (MARI KITA LIHAT DIAGRAM DI BAWAH INI)
PERENCANAAN | IMPLEMENTASI | EFALUASI |
BALIKAN |
MANFAAT PERENCANAAN
Memberi arahan dalam:
• Menyiapkan,
• Melaksanakan dan
• Mengevaluasi kegiatan pembelajaran, serta
• Memberi dukungan sesuai kebutuhan belajar
YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENYUSUNAN RENCANA BELAJAR
• Rencana belajar harus sesuai dengan indikator/tingkat pencapaian perkembangan anak
• Rencana belajar harus mengembangkan semua aspek perkembangan/lingkup perkembangan
• Rencana belajar harus memuat rencana kegiatan yang membolehkan anak berekplorasi dan berkreasi sesuai dengan kebutuhan perkembangannya
• Rencana belajar harus bersifat rasional, dapat dilaksanakan, dengan didukung oleh bahan dan alat yang dapat dimainkan anak
• Rencana belajar dapat dibungkus oleh tema sebagai topik bahasan
• Rencana kegiatan belajar dapat dilaksanakan dalam sentra
FAKTOR-FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN
DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN
• direncanakan dengan baik sehingga mendukung lingkungan belajar anak
• memuat tujuan yang realistik berdasarkan pada minat dan kebutuhan anak
• membangun pengalaman individu dan kelompok
• bervariasi, mengenalkan ragam budaya dalam kegiatan yang tepat
YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENYUSUNAN RENCANA BELAJAR
• Rencana belajar harus sesuai dengan indikator/tingkat pencapaian perkembangan anak
• Rencana belajar harus mengembangkan semua aspek perkembangan/lingkup perkembangan
• Rencana belajar harus memuat rencana kegiatan yang membolehkan anak berekplorasi dan berkreasi sesuai dengan kebutuhan perkembangannya
• Rencana belajar harus bersifat rasional, dapat dilaksanakan, dengan didukung oleh bahan dan alat yang dapat dimainkan anak
• Rencana belajar dapat dibungkus oleh tema sebagai topik bahasan
• Rencana kegiatan belajar dapat dilaksanakan dalam sentra
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT
RENCANA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Langkah 1
Menetapkan tahap perkembangan berdasarkan usia anak
Menetapkan tahap perkembangan berdasarkan usia anak
• Memahami tahap perkembangan kelompok anak (lihat menu generik/Standar PAUD-standar tingkat pencapaian perkembangan)
• Memutuskan lingkup dan tingkat pencapaian perkembangan yang ingin dicapai dalam pembelajaran pada kurun waktu tertentu (tahunan, semesteran bulanan, mingguan, harian)
• Perhatikan tabel tahap perkembangan
CONTOH RENCANA SEMESTERAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-<3 TAHUN
SEMESTER I
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-<3 TAHUN
SEMESTER I
MORAL DAN NILAI AGAMA | FISIK/MOTORIK | KOGNITIF | BAHASA | SOSIAL EMOSIONAL |
1. Mulai ……. | A. Motorik Kasar | A. Penget Umum | A. Menerima bhs … | 1. Mulai bisa … |
2. Mulai meniru …. | 1. Berjalan …. | 1. Menyebutkan … | 1. Hafal … | 2. Mulai memahami … |
3. Mulai memamahami … | 2.Melompat …. | 2. Mengenal …. | 2. Memahami .. | dst |
dst | dst | dst | ||
B. motorik Halus | b. Mengenal konsep.. | B. Mengungkapkan … | ||
1. Meremas … | 1. Memahami …. | 1. Menggunakan… | ||
dst | 2. Mengenal …. | 2. dst.. | ||
dst | ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar