Pages

Kamis, 11 April 2013

KURIKULUM PEMBELAJARAN PAUD


KURIKULUM PEMBELAJARAN
Kurikulum Lembaga berdasarkan pada :
1.Tujuan
2.Visi
3.Misi

Menu Pembelajaran Generik  Anak Usia Dini  maupun Standart Paud Tingkat Pencapaian Perkembangan >>>bermakna sama yaitu Berisi seperangkat kegiatan belajar melalui bermain yang dapat memberikan pengalaman langsung bagi anak dalam rangka mengembangkan seluruh potensi perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak .

STANDAR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ?????? menurut PERMENDIKNAS NO 58 TAHUN 2009

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan/menu generik harus menjadi acuan dalam pembuatan kurikulum, Prinsip belajar, penataan lingkungan belajar, penyediaan bahan material, dan program belajar anak harus merujuk pada standar yang sudah ditetapkan.
Namun untuk pendekatan pembelajaran dapat dipilih oleh masing-masing lembaga.
Dalam pelaksanaan akan terjadi perbedaan-perbedaan karena perbedaan bentuk layanan PAUD, penggunaan waktu, kelompok usia yang dilayani dan kondisi lembaga .

PENGERTIAN PERENCANAAN

      Menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
      Menentukan apa yang akan dilakukan
      Menetapkan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kelompok untuk mencapai tujuan yang digariskan
      Awal dari semua proses yang rasional dan mengandung sifat optimisme yang didasarkan atas kepercayaan bahwa akan dapat mengatasi  berbagai macam permasalahan
      Menyusun langkah-langkah penyelesaian suatu masalah atau pelaksanaan  suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu.
      Menggambarkan aktivitas secara keseluruhan  sebelum kegiatan yang sesungguhnya dilaksanakan
      Gambaran  kegiatan yang akan dilakukan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran
      Perencanaan yang baik = 50% keberhasilan
      Gagal merencanakan = merencanakan kegagalan
      Sebagai acuan bagi pendidik dalam mengelola pembelajaran
  
JIKA PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN DITINJAU DARI SEGI KEGIATAN GURU/PENDIDIK, MAKA TERLIHAT  BAHWA GURU/PENDIDIK MEMEGANG PERANAN YANG SANGAT PENTING DALAM HAL INI GURU/PENDIDIK BERFUNGSI SEBAGI PEMBUAT KEPUTUSAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN : (MARI KITA LIHAT DIAGRAM DI BAWAH INI)

PERENCANAAN
IMPLEMENTASI
EFALUASI
                                                                      
 

BALIKAN 

                                                           


MANFAAT PERENCANAAN

Memberi arahan dalam:
      Menyiapkan,
      Melaksanakan dan
      Mengevaluasi kegiatan pembelajaran, serta
      Memberi dukungan sesuai kebutuhan belajar

YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENYUSUNAN RENCANA BELAJAR

      Rencana belajar harus sesuai dengan indikator/tingkat pencapaian perkembangan anak
      Rencana belajar harus mengembangkan semua aspek perkembangan/lingkup perkembangan
      Rencana belajar harus memuat rencana kegiatan yang membolehkan anak berekplorasi dan berkreasi sesuai dengan kebutuhan perkembangannya
      Rencana belajar harus bersifat rasional, dapat dilaksanakan, dengan didukung oleh bahan dan alat yang dapat dimainkan anak
      Rencana belajar dapat dibungkus oleh tema sebagai topik bahasan
      Rencana kegiatan belajar dapat dilaksanakan dalam sentra


FAKTOR-FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN
DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN

      direncanakan dengan baik sehingga mendukung lingkungan belajar anak
      memuat tujuan yang realistik berdasarkan pada minat dan kebutuhan anak
      membangun pengalaman individu dan kelompok
      bervariasi, mengenalkan ragam budaya dalam kegiatan yang tepat

YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENYUSUNAN RENCANA BELAJAR

      Rencana belajar harus sesuai dengan indikator/tingkat pencapaian perkembangan anak
      Rencana belajar harus mengembangkan semua aspek perkembangan/lingkup perkembangan
      Rencana belajar harus memuat rencana kegiatan yang membolehkan anak berekplorasi dan berkreasi sesuai dengan kebutuhan perkembangannya
      Rencana belajar harus bersifat rasional, dapat dilaksanakan, dengan didukung oleh bahan dan alat yang dapat dimainkan anak
      Rencana belajar dapat dibungkus oleh tema sebagai topik bahasan
      Rencana kegiatan belajar dapat dilaksanakan dalam sentra


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT
RENCANA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Langkah 1
Menetapkan tahap perkembangan berdasarkan usia anak

      Memahami tahap perkembangan kelompok anak (lihat menu generik/Standar PAUD-standar tingkat pencapaian perkembangan)
      Memutuskan lingkup dan tingkat pencapaian perkembangan yang ingin dicapai dalam pembelajaran pada kurun waktu tertentu (tahunan, semesteran bulanan, mingguan, harian)
      Perhatikan tabel tahap perkembangan


CONTOH RENCANA SEMESTERAN
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-<3 TAHUN
SEMESTER I

MORAL DAN NILAI AGAMA
FISIK/MOTORIK
KOGNITIF
BAHASA
SOSIAL EMOSIONAL
1. Mulai …….
A. Motorik Kasar
A. Penget Umum
A. Menerima bhs …
1. Mulai bisa …
2. Mulai meniru ….
1. Berjalan ….
1. Menyebutkan …
1. Hafal …
2. Mulai memahami …
3. Mulai memamahami …
2.Melompat ….
2. Mengenal ….
2. Memahami ..
dst

dst
dst
dst


B. motorik Halus
b. Mengenal konsep..
B. Mengungkapkan …


1. Meremas …
1. Memahami ….
1. Menggunakan…


dst
2. Mengenal ….
2. dst..



dst

























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates