Pages

Kamis, 11 April 2013

KURIKULUM PEMBELAJARAN PAUD(lanjutan)


CONTOH FORMAT
RENCANA BULANAN USIA 4-5 TAHUN
BULAN JULI TAHUN 2010

No.
Tema
Konsep Pengetahuan
Kosa Kata
Minggu I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
1.
Aku
Bahasa : Mendengar ceritera
- Aku
- Ibu
-
-
A. Moral dan Nilai Agama
A. Moral dan Nilai Agama
Diskusi ttg tema, dll
-Bapak
- ……………
- ……………
Matematika :
- Paman, --- dll
- …………. dst
- …………. dst
- Mengelompokkan :
B. Fisik
B. Fisik
Gbr, warna, bentuk, ukuran dll.
-       ………..
-       ………… dst
-       ………..
-       ………… dst
-Mengurutkan :
C. Bahasa
C. Bahasa
Gbr, warna, bentuk, ukuran dll.
-       ……. …..
-       ………….
-       ……. …..
-       ………….
Teknologi : buatan pabrik dan buatan manusia
D. Kognitif
-       ……………………
-       ……………………
-        dst
D. Kognitif
-       ……………………
-       ……………………
-        dst
Sain : mengamati warna mata, bentuk hidung, telinga dll
E. Sosial Emosional
- .................
- ……………
E. Sosial Emosional
- ...................
- ……………




lanjutan …………. CONTOH FORMAT
RENCANA MINGGUAN USIA 4-5 TAHUN
BULAN JULI TAHUN 2010

No.
Tema
Konsep Pengetahuan
Kosa Kata
Minggu I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
Ilmu sosial :
-
-
F. Seni
F. Seni
-       Berbagi
- ……………
- ……………
-    Antri, dll
- ………….
- ………….
Seni :
- ……. dst
- ……. dst
-       Menggambar
-       Menyanyi
-    Senam
-    Menari, dll
                                                                                           


 Langkah 2
Menentukan Tingkat Pencapaian Perkembangan / Indikator Kemampuan

      Setiap kelompok usia memiliki banyak aspek perkembangan (terpadu dan berkesinambungan)
      Pilih 1 atau 2 indikator dari setiap aspek perkembangan
      Jadikanlah indikator yang terpilih sebagai tujuan pembelajaran


Contoh Langkah 2:

q  Lingkup perkembangan Moral dan Nilai : Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku yang baik/sopan dan buruk
q  Lingkup perkembangan Motorik
          - motorik kasar : Menirukan gerakan binatang , Melakukan gerakan menggelayut
          - motorik halus: Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan   
             lingkaran.
q  Lingkup perkembangan kognitif: Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Mengklasiifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi.
q  Lingkup perkembangan Bahasa: Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar, Membuat coretan yang bermakna
q  Lingkup perkembangan sosial-emosional: Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan, Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
q  Lingkup perkembangan seni: Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
q  Lingkup perkembangan kemandirian: Menggosok gigi, berkumur dan membuang airnya

Langkah 3
Menetapkan Konsep Pengetahuan/Materi Kurikulum

Indikator
Konsep Pengetahuan/Materi Kurikulum
Lingkup perkembangan Moral dan Nilai : Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku yang baik/sopan dan buruk
-       Doa sebelum belajar
-       Doa sesudah belajar
Lingkup perkembangan  Fisik- motorik kasar : Menirukan gerakan binatang , Melakukan gerakan menggelayut
-       Berlari dengan halang rintang sederhana
Lingkup perkembangan  Fisik-motorik halus: Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran.
-       Menjelujur benda komplek
Lingkup perkembangan kognitif: Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Mengklasiifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi.
-       Membuat pola AB-AB atau ABC-ABC dengan manik-manik

      Perencanaan pembelajaran mengembangkan konsep pengetahuan mencakup:
     Bahasa: kosa kata, perbedaan bunyi, tulisan, mengenal huruf dan kata, pemahaman bahasa, pemahaman buku,
     Matematika: bilangfisik, pengetahuan makhluk hidupan, pola dan hubungan, bentuk dan ruang, pengukuran, penyajian data
     Ilmu alam: pengetahuan, alam dan lingkungan
     Ilmu Sosial: geografi, orang dan kehidupan, aturan sekitarnya, memecahkan masalah
     Seni: menari, bermain alat musik, membuat karya seni, senam, pantomim, drama, baca puisi, syair, pantun, sajak
     Teknologi: mengenal penggunaan alat


Langkah 4
Menetapkan Tema

v  Tema adalah payung pengikat yang menaungi konsep-konsep  yang akan dibahas selama kegiatan bermain (pembelajaran) anak.
v  Minat atau kecenderungan anak
v  Perkembangan anak
v  Pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki anak

PEMILIHAN TEMA HARUS MEMPERHATIKAN

v  Ketersediaan sumber yang dapat dipelajari dan diamati anak (orang, tempat yang dapat dikunjungi, buku-buku tentang tema)
v  Ketersediaan berbagai media atau alat yang dapat dimainkan anak secara mandiri atau dengan sedikit bantuan  pendidik/kader.
v  Mendukung perkembangan kemampuan keaksaraan, matematika, bahasa, sosial-emosional, seni, motorik, dan moral anak.
v  Nilai, kepercayaan, budaya yang berlaku di masyarakat

Langkah 5
Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran

  1. Menuliskan identitas rencana (tema, kelompok usia, sentra/kegiatan, pertemuan ke..)
  2. Menuliskan tujuan pembelajaran
  3. Menuliskan konsep pengetahuan/materi pembelajaran
  4. Menyusun kegiatan pembelajaran (Pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan selama main, pijkan setelah main)
  5. Menuliskan bahan/alat/media yang diperlukan

Langkah 6
Menyiapkan Alat, Bahan, Media

q  Alat bahan sesuai rencana kegiatan main (rencana pembelajaran)
q  Contoh untuk tema: Buku
q  Aneka buku (buku tulis, buku gambar, buku cerita)
q  Buku cerita berbagai ukuran, dan bentuk
q  Peralatan tulis
q  Kartu Perpustakaan
q  Rak buku
q  dll

Pijakan selama main (45-60 menit)
         Memberikan waktu main (min 45-60 menit) untuk anak
         Membantu anak jika ada yang kesulitan dengan alat mainnya
         Memperkuat dan memperluas bahasa anak dengan pertanyaan terbuka
         Memperluas gagasan main anak dengan pertanyaan terbuka yang sudah disiapkan
         Mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan main setiap anak
         Menginformasikan waktu main telah habis

Pijakan setelah main
         Memajang hasil karya (gambar)
         Membereskan alat main dan memasukkannya ke tempat sesuai dengan bentuk,   
  warna atau ukuran (secara bergantian berdasarkan jenis kelamin)
         Membentuk lingkaran bersama semua anak
         Menanyakan apa perasaan anak setelah main
         Menanyakan kegiatan main yang telah dilakukan anak
         Menanyakan kembali konsep yang telah ditemukan anak
         Menegaskan perilaku yang telah dimunculkan anak
         Review tema hari ini (tema…….)
         Menghubungkan dengan kegiatan yang akan datang
         Benyanyi lagu......
         Berdoa .......
Alat/bahan
- ............................................................................
- ............................................................................
- ............................................................................
- ................



Evaluasi  (mengevaluasi kegiatan pembelajaran secara keselurhan dalam satu hari) :
  1. Ada dua anak yang berebut mainan (wuji dan ria) saat bermain menempel
  2. Kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan karena hujan deras, sekolah banjir
  3. Dll
(kegiatan evaluasi ini ditulis setelah selesai kegiatan oleh masing-masing guru)

 CONTOH SKH/Rencana Kegiatan Pembelajaran Harian

No
Tujuan Pembelajaran
Konsep Pengetahuan
Kegiatan
Kosa Kata
I.
 Setelah pembelajaran  anak dapat :
Kegiatan Pembukaan di luar
- Keluarga

 1. anak mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan
- doa sebelum dan sesudah belajar
-
Salam
-       Ayah
-        Ibu
-       Kakak
-       Adik, dll….

 2. melaksanakan perintah
-       Mengambil dan meletakkan
   Perlengkapan tidur
-
Berdoa ………

 3. dst……………..
 -
Bernyanyi  lagu …..dan bertepuk tangan  (tepuk ….)


-
dst….
 II.


II.
Pijakan Lingkungan Main



1.
Ruang tamu dengan perlengkapan kursi tamu, radio dan tv (utk … anak






2.
Kamar tidur dengan perlengkapan almari, tempat tidur dan cermin  (utk …. Anak)



3.
……………………..




3.
dst….

No
Tujuan Pembelajaran
Konsep Pengetahuan
Kegiatan
Kosa Kata
 III


2.
Mengajak berdo’a sebelum belajar  (……)



3.
dst….
IV


IV.
Pijakan Saat/Selama Main



1.
Memberikan waktu untuk bermain



2.
Membantu anak jika ada kesulitan dalam proses bermainnya






3.
dst….
































Kehalaman selanjutnya






lanjtan

No
Tujuan Pembelajaran
Konsep Pengetahuan
Kegiatan
Kosa Kata
V


V.
Pijakan Sesudah Main




1.
Setelah anak selesai bermain, membereskan mainan




2.




Duduk melingkar bersama anak




3.
dst….

VI


VI.
Kegiatan Makan




1.
Antri mencuci tangan dan kaki di toilet (toilet training)








2.
Membaca doa sebelum makan




3.
dst………









                                            
                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates