CONTOH FORMAT
RENCANA BULANAN USIA 4-5 TAHUN
BULAN JULI TAHUN 2010
RENCANA BULANAN USIA 4-5 TAHUN
BULAN JULI TAHUN 2010
No. | Tema | Konsep Pengetahuan | Kosa Kata | Minggu I | Minggu II | Minggu III | Minggu IV |
1. | Aku | Bahasa : Mendengar ceritera | - Aku - Ibu | - | - | A. Moral dan Nilai Agama | A. Moral dan Nilai Agama |
Diskusi ttg tema, dll | -Bapak | - …………… | - …………… | ||||
Matematika : | - Paman, --- dll | - …………. dst | - …………. dst | ||||
- Mengelompokkan : | B. Fisik | B. Fisik | |||||
Gbr, warna, bentuk, ukuran dll. | - ……….. - ………… dst | - ……….. - ………… dst | |||||
-Mengurutkan : | C. Bahasa | C. Bahasa | |||||
Gbr, warna, bentuk, ukuran dll. | - ……. ….. - …………. | - ……. ….. - …………. | |||||
Teknologi : buatan pabrik dan buatan manusia | D. Kognitif - …………………… - …………………… - dst | D. Kognitif - …………………… - …………………… - dst | |||||
Sain : mengamati warna mata, bentuk hidung, telinga dll | E. Sosial Emosional - ................. - …………… | E. Sosial Emosional - ................... - …………… |
lanjutan …………. CONTOH FORMAT
RENCANA MINGGUAN USIA 4-5 TAHUN
BULAN JULI TAHUN 2010
RENCANA MINGGUAN USIA 4-5 TAHUN
BULAN JULI TAHUN 2010
No. | Tema | Konsep Pengetahuan | Kosa Kata | Minggu I | Minggu II | Minggu III | Minggu IV |
Ilmu sosial : | - | - | F. Seni | F. Seni | |||
- Berbagi | - …………… | - …………… | |||||
- Antri, dll | - …………. | - …………. | |||||
Seni : | - ……. dst | - ……. dst | |||||
- Menggambar | |||||||
- Menyanyi | |||||||
- Senam | |||||||
- Menari, dll |
Langkah 2
Menentukan Tingkat Pencapaian Perkembangan / Indikator Kemampuan
Menentukan Tingkat Pencapaian Perkembangan / Indikator Kemampuan
• Setiap kelompok usia memiliki banyak aspek perkembangan (terpadu dan berkesinambungan)
• Pilih 1 atau 2 indikator dari setiap aspek perkembangan
• Jadikanlah indikator yang terpilih sebagai tujuan pembelajaran
Contoh Langkah 2:
q Lingkup perkembangan Moral dan Nilai : Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku yang baik/sopan dan buruk
q Lingkup perkembangan Motorik
- motorik kasar : Menirukan gerakan binatang , Melakukan gerakan menggelayut
- motorik halus: Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan
lingkaran.
q Lingkup perkembangan kognitif: Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Mengklasiifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi.
q Lingkup perkembangan Bahasa: Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar, Membuat coretan yang bermakna
q Lingkup perkembangan sosial-emosional: Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan, Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
q Lingkup perkembangan seni: Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
q Lingkup perkembangan kemandirian: Menggosok gigi, berkumur dan membuang airnya
Langkah 3
Menetapkan Konsep Pengetahuan/Materi Kurikulum
Menetapkan Konsep Pengetahuan/Materi Kurikulum
Indikator | Konsep Pengetahuan/Materi Kurikulum |
Lingkup perkembangan Moral dan Nilai : Mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku yang baik/sopan dan buruk | - Doa sebelum belajar - Doa sesudah belajar |
Lingkup perkembangan Fisik- motorik kasar : Menirukan gerakan binatang , Melakukan gerakan menggelayut | - Berlari dengan halang rintang sederhana |
Lingkup perkembangan Fisik-motorik halus: Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran. | - Menjelujur benda komplek |
Lingkup perkembangan kognitif: Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, Mengklasiifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi. | - Membuat pola AB-AB atau ABC-ABC dengan manik-manik |
• Perencanaan pembelajaran mengembangkan konsep pengetahuan mencakup:
– Bahasa: kosa kata, perbedaan bunyi, tulisan, mengenal huruf dan kata, pemahaman bahasa, pemahaman buku,
– Matematika: bilangfisik, pengetahuan makhluk hidupan, pola dan hubungan, bentuk dan ruang, pengukuran, penyajian data
– Ilmu alam: pengetahuan, alam dan lingkungan
– Ilmu Sosial: geografi, orang dan kehidupan, aturan sekitarnya, memecahkan masalah
– Seni: menari, bermain alat musik, membuat karya seni, senam, pantomim, drama, baca puisi, syair, pantun, sajak
– Teknologi: mengenal penggunaan alat
Langkah 4
Menetapkan Tema
Menetapkan Tema
v Tema adalah payung pengikat yang menaungi konsep-konsep yang akan dibahas selama kegiatan bermain (pembelajaran) anak.
v Minat atau kecenderungan anak
v Perkembangan anak
v Pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki anak
PEMILIHAN TEMA HARUS MEMPERHATIKAN
v Ketersediaan sumber yang dapat dipelajari dan diamati anak (orang, tempat yang dapat dikunjungi, buku-buku tentang tema)
v Ketersediaan berbagai media atau alat yang dapat dimainkan anak secara mandiri atau dengan sedikit bantuan pendidik/kader.
v Mendukung perkembangan kemampuan keaksaraan, matematika, bahasa, sosial-emosional, seni, motorik, dan moral anak.
v Nilai, kepercayaan, budaya yang berlaku di masyarakat
Langkah 5
Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran
Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran
- Menuliskan identitas rencana (tema, kelompok usia, sentra/kegiatan, pertemuan ke..)
- Menuliskan tujuan pembelajaran
- Menuliskan konsep pengetahuan/materi pembelajaran
- Menyusun kegiatan pembelajaran (Pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan selama main, pijkan setelah main)
- Menuliskan bahan/alat/media yang diperlukan
Langkah 6
Menyiapkan Alat, Bahan, Media
Menyiapkan Alat, Bahan, Media
q Alat bahan sesuai rencana kegiatan main (rencana pembelajaran)
q Contoh untuk tema: Buku
q Aneka buku (buku tulis, buku gambar, buku cerita)
q Buku cerita berbagai ukuran, dan bentuk
q Peralatan tulis
q Kartu Perpustakaan
q Rak buku
q dll
Pijakan selama main (45-60 menit)
• Memberikan waktu main (min 45-60 menit) untuk anak
• Membantu anak jika ada yang kesulitan dengan alat mainnya
• Memperkuat dan memperluas bahasa anak dengan pertanyaan terbuka
• Memperluas gagasan main anak dengan pertanyaan terbuka yang sudah disiapkan
• Mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan main setiap anak
• Menginformasikan waktu main telah habis
Pijakan setelah main
• Memajang hasil karya (gambar)
• Membereskan alat main dan memasukkannya ke tempat sesuai dengan bentuk,
warna atau ukuran (secara bergantian berdasarkan jenis kelamin)
• Membentuk lingkaran bersama semua anak
• Menanyakan apa perasaan anak setelah main
• Menanyakan kegiatan main yang telah dilakukan anak
• Menanyakan kembali konsep yang telah ditemukan anak
• Menegaskan perilaku yang telah dimunculkan anak
• Review tema hari ini (tema…….)
• Menghubungkan dengan kegiatan yang akan datang
• Benyanyi lagu......
• Berdoa .......
Alat/bahan
- ............................................................................
- ............................................................................
- ............................................................................
- ................
Evaluasi (mengevaluasi kegiatan pembelajaran secara keselurhan dalam satu hari) :
- Ada dua anak yang berebut mainan (wuji dan ria) saat bermain menempel
- Kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan karena hujan deras, sekolah banjir
- Dll
(kegiatan evaluasi ini ditulis setelah selesai kegiatan oleh masing-masing guru)
No | Tujuan Pembelajaran | Konsep Pengetahuan | Kegiatan | Kosa Kata | |
I. | Setelah pembelajaran anak dapat : | Kegiatan Pembukaan di luar | - Keluarga | ||
1. anak mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan | - doa sebelum dan sesudah belajar | - | Salam | - Ayah - Ibu - Kakak - Adik, dll…. | |
2. melaksanakan perintah | - Mengambil dan meletakkan Perlengkapan tidur | - | Berdoa ……… | ||
3. dst…………….. | - | Bernyanyi lagu …..dan bertepuk tangan (tepuk ….) | |||
- | dst…. | ||||
II. | II. | Pijakan Lingkungan Main | |||
1. | Ruang tamu dengan perlengkapan kursi tamu, radio dan tv (utk … anak | ||||
2. | Kamar tidur dengan perlengkapan almari, tempat tidur dan cermin (utk …. Anak) | ||||
3. | …………………….. | ||||
3. | dst…. |
No | Tujuan Pembelajaran | Konsep Pengetahuan | Kegiatan | Kosa Kata | |
III | 2. | Mengajak berdo’a sebelum belajar (……) | |||
3. | dst…. | ||||
IV | IV. | Pijakan Saat/Selama Main | |||
1. | Memberikan waktu untuk bermain | ||||
2. | Membantu anak jika ada kesulitan dalam proses bermainnya | ||||
3. | dst…. | ||||
Kehalaman selanjutnya
lanjtan
No | Tujuan Pembelajaran | Konsep Pengetahuan | Kegiatan | Kosa Kata | |
V | V. | Pijakan Sesudah Main | |||
1. | Setelah anak selesai bermain, membereskan mainan | ||||
2. | |||||
Duduk melingkar bersama anak | |||||
3. | dst…. | ||||
VI | VI. | Kegiatan Makan | |||
1. | Antri mencuci tangan dan kaki di toilet (toilet training) | ||||
2. | Membaca doa sebelum makan | ||||
3. | dst……… | ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar