Pages

Selasa, 21 Mei 2013

MAKALAH ILMU KEALAMAN DASAR/EKOLOGI


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Segala puji bagi Allah s.w.t yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya ,sehingga penulisan tugas makalah ILMU KEALAMAN DASAR telah selesai.Dan kami dalam tugas ini akan membahas tentang EKOLOGI yaitu ilmu yang mem pelajari  hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Permasalahan lingkungan hidup pada hakikatnya adalah permasalahan ekologi,misalnya kebutuhan tumbuh tumbuhan akan sinar matahari,siklus makanan yang ada di bumi,proses kelahiran,kematian,pergantian generasi yang berlangsung terus menerus mengikuti hukum alam.

1.2 TUJUAN
1.Pengertian EKOLOGI
2.Peranan Manusia dalam Ekosistem
3.Sumber Daya Alam dan Pelestariannya
4.Sumber Daya Manusia dan Masalah Kependudukan
5 Pengaruh ekologi terhadap pembelajaran paud

1.3 Manfaat
Manfaat dari mempelajari Ekologi yaitu kita mengetahui tentang lingkungan yang  ada di sekitar kita,sehingga kita lebih berhati-hati.Selain itu kita sebagai manusia bisa membantu menjaga bumi sehingga terjaga kelestariannya.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Ekologi
            Istilah Ekologi pertama kali digunakan oleh Arnest Haeckel,seorang ahli biologi Jerman,pada tahun 1866.Kata EKOLOGI berasal dari bahasa Yunani,yaitu oekos berarti rumah dan logos berarti ilmu.Jadi,ekologo adalah ilmu tentang makhluk hidup dengan rumahnya atau rumah tangga makhluk hidup.Ekologi dan Ekonomi mempunyai banyak persamaan,yaitusama sama  mempunyai alat transaksi.Hanya bedanya pada ekologi tidak menggunakan uang sebagai alat transaksi ,melainkan materi,energi,dan informasi.
            Baik ekologi maupun ekonomi pada hakikatnya mempelajari tentang rumah tangga manusia dan mempunyai banyak persamaan.Dalam ekologi maupun ekonomi dikenal istilah yang sama,seperti produsen,konsumen,sirkulasi,keseimbangan,krisis dan sebagainya.
            a.Hubungan ekologi dengan Ilmu Lainnya 
            Ekologi adalah bagian dari Biologi,namun sangat erat hubungannya dengan ilmu lain.Didalam  kehidupan,manusia tidak hanya memperhatikan materi energi dan informasi saja,tetapi juga harus mempertimbangkan masukan-masukan lain,seperti ekonomi,teknologi,sosial,politik,dan budaya.Ekologi merupakan salah satu komponen dalam pengelolaan lingkungan hidup yang harus di tinjau bersama-sama komponen lain agar keputusannya selaras dan seimbang.
            b.Cakupan Wilayah Kerja Ekologi
            Miller memberi gambaran batas wilayah kerja ekologi sebagai suatu model yang berdasarkan pada anggapan bahwa seluruh alam semesta merupakan suatu ekosistem tersusun dari kelompok-kelompok komponen yang berkaitan satu sama lain.
            c.Ekosistem
            Suatu organisme tidak akan hidup mandiri tanpa kehadiran organisme lain serta mengabaikan sumber daya alam yang merupakan sumber pangan,tempat perlindungan,dan tempat peerkembangbiakan.Suatu konsep sentral dalam ekologi adalah ekosistem,suatu sistem yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
            Ditinjau dari fungsi komponen-komponennya,ekosistem di bedakan menjadi  2 macam,yaitu sebagai berikut :
Ø            Autotrofik          : auto berarti sendiri,trofik berarti menyediakan makanan,jadi organisme dapat mensintesiskan makanannya sendiri atau dapat menyediakan makanannya sendiri.
Ø            Heterotrofik       : organisme yang hanya dapat memanfaatkan bahan makanan yang di sediakan oleh organisme lain.
Komponen-komponen yang membentuk ekologi adlah sebagai berikut :
v  Lingkungan abiotik (anorganik) terdiri atas tanah,air udara ,dan sinar matahari,yang merupakan medium untuk berlangsungnya kehidupan.
v  Lingkungan biotik (organik),terdiri atas tumbuhan,binatang,dan manusia yang menjadi penghuni lingkungan abiotik.Dapat dibedakan atas hal-hal berikut :
1)      Konsumen Primer,disebut herbivora,adalah makhluk hidup pemakan rumput.
2)      Konsumen sekunder,disebut karnivora,adlah makhluk hidup pemakan binatang lain.
3)      Konsumen tersier,disebut omnivora,adalah hewan pemakan segala bentuk makanan.
4)      Pengurai (perombak,redusen),disebut mikrokonsumer,adalah makhluk hidup yang merombak unsur organik,seperti bakteri atau pemakan bagian yang sudah mati,seperti cacing dan kecoa.
d.      Asas-asas Ekologi
Secara garis besar asas-asas yang merupakan dasar ekologi dan berkaitan dengan kehidupan manusia sesuai kemajuan ilmu dan teknologi adalah sebagai berikut :
§  Asas 1
Energi tidak pernah hilang,hanya berubah
§  Asas 2
Semua proses perubahan energi tidak cermat
§  Asas 3
Materi,energi,waktu,dan keanekaragaman adalah kategori sumber alam
§  Asas 4
Mengenai kejenuhan dan ketidakjenuhan
§  Asas 5
Peningkatan pengadaan suatu sumber alam mungkin dapat merangsang penggunaan sumber alam tersebut
§  Asas 6
Keturunan (genotif) dengan daya pembiakan tertinggi akan sering dijumpai pada generasi berikutnya.

§  Asas 7
Keanekaragaman yang kekal lebih tinggi pada lingkungan yang stabil (Rosenzwig)
§  Asas 8
Tingkat makanan atau takson menjadi jenuh oleh keanekaragaman dengan kecepatan yang ditingkatkan oleh sifat mic,diferensiasi
§  Asas 9
Keanekaragaman sebanding dengan bio massa/produktivitas
§  Asas 10
Bio massa/produktivitas meningkat dalam lingkungan yang stabil
§  Asas 11
Sistem yang mantap (dewasa) mengeksploitasi sistem yang belum dewasa
§  Asas 12
Kesempurnaan adaptasi stiap habitat/sifat bergantung kepada kepentingan relativnya dalam suatu lingkungan tertentu
§  Asas 13
Lingkungan fisik yang stabil memungkinkan keanekaragaman biologi berlaku dalam ekosistem mantap yang kemudian menggalakan stabiltas populasi lebih jauh lagi
§  Asas 14
Derajat pola keteraturan fluktuasi populasi tergantung kepada sejarah populasi itu sebelumnya



2.2 Peranan Manusia dalam Ekosistem
            Manusia adalah salah satu mahluk hidup yang harus berinteraksi degan alam lingkunganya.dalam kehidupanya,manusia berhubungan,memanfaatkan,dan didukung oleh lingkungan hidupnya,baik lingkungan dalam pengertian biofosik maupun pengertian koknitif.pengertian koknitif adalah pengertian hanya didalam angan-angan,seperti ekonomi,sosial,budaya,adat istiadat,dan bahasa yang satu dengan yang lain saling berhubungan saling mendukung saling mempengaruhi dan saling memanfaatkan atau istilah dari itu semuanya saling interaksi.sedangkan pengertian biofosik adalah keadaan senyatanya,sebagai dari alam lingkungan.
            Pengaruh manusia terhadap lingkunganya semakin lama semakin banyak dan beraneka ragam,antara lain:
  1. Manusia Sebagai Komponen Lingkungan yang Dominan
Lingkungan hidup manusia terdiri atas lingkungan biotik dan lingkungan non biotik.Artinya,lingkungan hidup manuasian tidak hanya ditentukan oleh benda hidup,tetapi juga oleh hal-hal yang bersifat tidak hidup disamping budaya dan perilakunya.dalam kesatuan ekosistem kedudukan manusia adalah sebagai bagian dari unsur lain yang erat berkaitan dan tergantung pula pada kelestarian ekosistemnya,namun faktor manusia lebih dominan.Manusia harus dapat menjaga keserasian hubungan timbal balik dengan lingkunganya agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu.Unndang Undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup Republik Indonesia(UU NO.4 Tahun 1982) mengatakan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan sebuah benda,gaya,keadaan,dan mahluk hidup,termasuk perilaku manusia didalamnya yang mempegaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia dan lainya.
  1. Manusia Sebagai Perusak Lingkungan
Apabila manusia mengusahakan sumber daya alam hanya berlandaskan pandangan untuk keperluan jangkan pendek agar dapat memanfaatkan produksi sebanyak mungkin dengan modal seminim mungkindalam waktu singkat,maka hal ini akan memakmurkan generasinya tetapi menyengsarakan generasi penerusnya.
Menurut konsep bio-ekosistem dinyatakan bahwa manusia dan mahluk lain dialam ini sama kedudukan dan fungsinya.pada proses rumah tangga suatu ekosistem atau lingkungan,akan trlihat lingkaran energi,materi,dan informasi yang dipengaruhi oleh kekuatan dari komponen produsen dan konsumen.
Ciri ciri pokok dari suatu bio-ekosistem ada tiga macam yaitu sebagai berikut
Ø  Kesatuan kesatuan hidup atau kelompon kelompok mahluk hidup akan melakukan niche-nya masing masing dalam pengaturan rumah tangga lingkungan.
Ø  Komponen lingkungan yang terdiri atas berbagai kesatuan lingkungan dengan unsur unsur ruang dan struktur masing masing akan iku serta mempengaruhi jalanya proses rumah tangga lingkungan.
Ø  Kesatuan kesatuan hidup dan kesatuan kesatuan lingkungan dengan kemampuan atau kekuatanya masing masing berdasarkan pada asas yang akan bergerak kearah tercapainya keseimbangan ekologi.

3.1 Sumber Daya Alam dan Pelestarianya
            Para ahli didunia,terutama dibidang ilmu ekonomi dan yang mengkususkan diri dalam ilmu kependidikan dan pertanian,hingga kini terus melakukan pengkajian.masal lingkungan hidup dari tahun ketahun akan terus memprihatinkan karena berbagai hasil kemajuan teknologi,terutama dalam duni industri.jika tidak diimbangi dengan berbagai aturan mengenai lingkungan hidup,akhinya akan memusnahkan semua kehidupan.lebih jelas tentang pemeliharaan dan pembinaan lingkungan ini diungkapkan dalam ketentuan pokok Pengelolaan lingkungan hidup dalam UU NO.4 1983 yang berlaku sejak 11 Maret sebagai berikut.pengelolaan lingkungan hidup berasaskan pelestarian kemampuan yang lestari,serasi dan seimbang untuk menunjang pembangunan yang ber kesinambungan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.demikian juga tentang (Andal) yang ditetapkan tanggal 5 Juni 1986 dan mulai berlaku 5 Juni 1987 harus dianggap serius.dari ketentuan itu diharapkan agar masyarakat dari berbagai lapisan menyadari bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat akhinya juga bermanfaat bagi masyarakat.         
            Meningkatnya jumlah industri biasanya diikuti dengan meningkatnya pencemaran lingkungan hidup.Jika pengetahuan dan disiplin lingkungannya belum tinggi,penanganan lingkungan hidup bisa dilakukan secara normal yaitu penangan secara tinggi,merupakan tugas amat berat bagi aparat penegak hukum di bidang lingkungan hidup.untuk itu,perlu ditemukan cara informal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup.ada tiga jalur yang bisa dijadikan pedoman dalam langkah langkah informal,yaitu sebagai berikut:
a)      Cinta lingkungan hidup
Sejak usia muda seorang anak sudah didekatkan dengan proses alamiah,misalnya sebagai mana tahap tahap pertumbuhan tanaman,bagaimana binatang bertahan hidup dan melindungi anak- anaknya
b)      Petualangan
Petualangan petualangan yang dilakukan anak anak muda dialam bebas merupakan salah satu cara untuk memahami rahasian dan keagungan alam.generasi muda yang mengenal secara sungguh sungguh,alam nusantara inilah yang nantinya mampu membawa indonesia lebih makmur lagi.
c)      Musim
Musim bisa menjadi sumber inspirasi dan pemahaman kearifan bagi anggota masyarakat.Musim bisa berisi kegersangan dadn pencemaran yang parah akibat kesalahan manusia.Di samping itu,disajikan pula perbandingannya,yaknikelestarian alam yang indah sebagai akibat keberhasilan manusia menghormati hukum alam.

            Beberapa masalah yang berkaitan dengan air,tanah,udara dan hutan yang semuanya terkait langsung dengan kehidupan manusia,dijelaskan sebagai berikut:
1.      Tanah
Salah satu dari ekosistem kita yang utama adlah tanah yang merupakan tempat hidup manusia,tanaman jasad renik dan hewan serta tempat penyimpanan air.Tanah adalah agian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik lapisan tanah yang subur.
Dari segi klimatologi,tanah memegang peranan penting sebagai penyimpanair dan menekan erosi,meskipun tanah sendiri jg dapat tererosi.
Jenis-jenis tanah:
v  Tanah humus adalah tanah yang sangat subur terbentuk dari lapukan daun dan batang pohon di hujan tropis yang lebat
v  Tanah Pasir adalah tanah yang kurang bersifat kurang baik bagi pertanian yang terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil
v  Tanah alluvial/tanah endapan adalah tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian
v  Tanah podzolit adalah tanah yang subur umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi dan bersuhu rendah/dingin
v  Tanah vulkanik adalah tanah yang terbentuk dari lapukan materi letusan gunung berapi yag subur mengandung zat hara yang tinggi
v  Tanah laterit adalah tanah yang tidak subur yang tadinya subur dan kaya akan unsur hara,namun unsur hara tersebut hilang karena terbawa air hujan yang tinggi
v  Tanah mediteran/tanah kapur adalah tanh yang sifatnya tidak subur yang terbentuk dari lapukan batuan kapur
v  Tanah gambut/tanah organosol adalah jenis tanah yang kurang subur untuk bercocok tanam yang merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa.
2.      Hutan
Penegrtian hutan adalah sebuah kawasan yang di tumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya.
Bagian-bagian hutan:
v  Bagian di atas tanah
Bagian di atas tanah hutan,maka akan terlihat tajuk (mahkota) pepohonan,batang kekayuan,dan tumbuhan bawah seperti perdu dan semak belukar
v  Bagian permukaan tanah
Tamapak berbagai macam semak belukar,rerumputan,dan serasah.Serasah adalah guguran segala batang,cabang,daun,ranting,bunga dan buah.
v  Bagian di bawah hutan
Kita akan melihat akar semua tumbuhan,baik besar maupun kecil,dalam berbagai bentuk.Dikedalaman tertentu kita juga dapat menemuka tempat tinggal beberapa jenis binatang,seperti serangga,ular,kelinci,dan binatang pengerat lain.
Jenis-jenis hutan (menurut ensiklopedia) di NKRI:
·         Hutan bakau
Adalah hutan yang tumbuh di daerah pantai berlumpur
·         Hutan sabana
Adalah hutang padang rumput yang luas dengan jumlah pohon yang sangat sedikit dengan curah hujan yang rendah
·         Hutan rawa
Adalah hutan yang berada di daerah berawa dengan tumbuhan nipah tumbug di hutan rawa.
·         Hutan hujan tropis
Adalahhuatan lebat/huatan rimba belantara yang tumbuh di sekitar garis katulistiwa/ekuator yang memiliki curah hujan yang sangat tinggi.
·         Hutan musim
Adalah hutan dengan curah hujan tinggi namun punya periode musim kemarau yang panjangyang menggugurkan daun di kala kemarau menyelimuti hutan
                                    Hutan berdasarkan fungsinya:
§  Hutan wisata
Adalah hutan yang dijadikan suaka alam yang ditujukan untuk melindungi tumbuh-tumbuhan serta hewan/binatang langak agar tidak musnah/punah di masa depan.
§  Hutan cadangan
Merupakan hutan yang dijadikan sebagai lahan pertanian dan pemukiman penduduk.
§  Hutan lindung
Hutan yang di fungsikan sebagai penjaga ketaraturan air dalam tanah (fungsi hidrolis),menjaga tanah agar tidak terjadi erosi serta untuk mengatur iklim (fungsi klimatologis),dan penanggulang pencemaran udara.
§  Hutan produksi
Adalah hutan yang dapat di kelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi.
3.      Air
Salah satu kebutuhan hidupmanusia adalah terpenuhinya kebutuhan  air.Kesulitan air bersih dari tahun ke tahun semakin terasa karena keseimbangan akan kebutuhan air dengan volume air tersedia tidak seimbang.banyak air yang tercemar akibat dari limbah industri,sisa-sisa minyak,gulam,endapaan,serta bahan kimia lainnya.selain air yang tercemar maka tumbuhan dan binatang yang hidup di air akan musnah atau setidaknya pindah ke tempat lain.


2.4 Sumber Daya Manusia dan Masalah Kependudukan

1)      Perkembanangan Teori di Bidang Sumber Daya Manusia
Perkembanagan sumber daya manusia (SDM) di satu pihak dimaksudkan untuk meningkatkan ketrampilan atau kemampuan kerja manusia dalam melakukan berbagai macam kegiatan dalam masyarakat.Di pihak lain.pembinaan sumber daya manusia berhubungan erat dengan usaha peningkatan taraf hidup.Pembinaan SDM dimulai dalam kalangan keluarga,ditingkatkan melalui pendidikan dan latihan formal,serta dikembangkan dalam masyarakat,terutama dilingkungan pekerjaan.
2)      Kualitas Sumber  aya Manusia
Sebagian besar negara dunia ketiga percaya bahwa kebijakan modernisasi yang berorientasi pertumbuhan ekonomi adalh jalan terbaik untuk mencapai pembangunan yang konsisten.Struktur industrial modern di bangun untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.Strategi ini diikuti dengan kebijakan modernisasi pertanian intensif,meskipun demikian pengangguran di desa dan urbanisasi ke kota belum terpecahkan.
Kualitas Sumber Daya Manusia meliputi :
ü  Mental
Kualitas mental merupakan kualitas yang sangat penting karena merupakan pendorong untuk mengadakan kualitas lainnya.
ü  Pendidikan
Pendidikan merupakan faktor penting sebagai petunjuk kualitas SDM
ü  Kesehatan
Tolak ukur kesehatan  masyarakat sebagai SDM dapat di ukur dari pemenuhan kebutuhan manusia dalam hal gizi dan nutrisi.
ü  Masalah kependudukan
Manusia dibentuk oleh tiga faktor,yaitu genetik,lingkungan,serta memiliki kemampuan untuk mengadakan perubahan-perubahan lingkungan sesuai dengan yang diinginkan.
3)      Ledakan Penduduk
·         Pertambahan jumlah penduduk disebabkan oleh jumlah kelahiran (natalitas) yang lebih besar daripada jumlah kematian (mortalitas)
·         Pertambahan penduduk yang pesat juga disebabkan oleh penurunan angka kematian.
Penduduk Indonesia menghadapi masalah dalam 4 aspek,yaitu sebagai berikut:
Ø  Jumlah  penduduk Indonesia besar,yaitu merupakan urutan ke lima di dunia.
Ø  Tingkat pertambahan penduduk cepat
Ø  Penyebaran penduduk Indonesia tidak merata
Ø  Pertumbuhan penduduk dan hubungannya dengan pendidikan serta lapangan kerja
2.5 Pengaruh Ekologi terhadap pembelajaran PAUD
            Ekologi juga berpengaruh terhadap pembelajaran PAUD.Di pembelajaran tersebut kita bisa mengenalkan anak lebih dini terhadap lingkungan di sekitar mereka.Dan kita bisa lebih awal mengajari mereka untuk lebih sayang terhadap Lingkungan.Hewan,Tumbuhan dan sesama manusia.Misalnya saja kita bisa mengajari mereka membuang sampah pada tempatnya,dengan begitu kita mengajarkan mereka kebiasaan yang baik,dan juga bermanfaat tanah menjadi tidak tercemar serta lingkungan menjadi bersih dan indah.












BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.Ekologi mempunyai wilayah kerja yang mencakup seluruh alam semesta.Sedangkan manusia dalam kesehariannya berhubungan ,memanfaatkan,dan didukung oleh lingkungan hidupnyabaik lingkungan dalam pengertian biofosik maupun pengertian kognitif.Manusia sebagai komponen yang dominan harus dapat menjaga keserasian hubungan timbal balik dengan lingkungannya agar keseimbangan ekosistem tidak tergangggu.
Ekologi  mengajarkan anak-anak usia dini khususnya anak usia paud,untuk lebih mengenal alam,menyayangi alam sekitar,hewan,tumbuhan,serta sesamanya.
3.2  Saran
Dalam penulisan makalah ini kami menyadari banyaknya kekurangan,maka kami sebagai tim penulis mengharapkan atau menerima saran demi penyempurnaan makalah kami.














DAFTAR RUJUKAN

Hutagalung RA.2010.Ekologi Dasar.Jakarta.(online)
(dilihat pada tanggal 10 0ktober 2012.Alamat :http//id.m.wikimedia.org/wiki/Ekologi 











                                                         



ILMU KEALAMAN DASAR
(EKOLOGI)
Dosen pembimbing: HENDRIK SISWONO
                                     











Disusun oleh :
KATMINI                                   (2011186207B0714)
YETTY DWI H                          (2011186207B2104)
SEPTIAN WULANSARI          (2011186207B1459)
KUSNUL KHOTIMAH                         (2011186207B0779)
YULIANA                                  (2011186207B2125)
LILIK SUHARIATI                  (2011186207B0838)
ERWiN HARIYANTI                (2011186207B0420)
SiTI KHOLISAH                       (2011186207B1542)


IKIP PGRI JEMBER
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Prodi Paud
Jl.JAWA no 10 Telp (0331) 335823

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates