A.1. Latar Belakang
Sebenarnya, disadari atau tidak, guru sudah lama jadi figure yang paling kreatif dan inovatif. Modalnya, pertama, dari segi personal/pribadi. Seorang guru adalah pribadi pilihan. Ia punya kepribadian yang matang dan berkembang, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat. Ia juga mempunyai keterampilan untuk membangkitkan minat peserta didik dan mengembangkan profesi secara berkesinambungan. Banyaknya kompetensi, peran bahkan harapan yang melekat pada guru, baik sebagai pembawa pesan di depan kelas maupun sebagai anggota masyarakat menunjukkan bahwa guru adalah sosok figur di tengah-tengah kita.
Dengan latar belakang yang seperti tersebut diatas kreativias dan Inovasi dalam pembelajaran bukanlah hal yang asing bagi seorang guru/pendidik.
Dari uraian tersebut diatas muncul sebuah diskripsi “ guru menggunakan media belajar untuk menyampaikan sebuah topik pembelajaran.
Dari uraian tersebut diatas muncul sebuah diskripsi “ guru menggunakan media belajar untuk menyampaikan sebuah topik pembelajaran.
A.2. Tujuan
1. Untuk Pendidik:
Ø Membantu pendidik agar lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
Ø Membantu pendidik agar lebih mudah memusatkan perhatian anak
Ø Membantu pendidik agar peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran
Ø Membantu pendidik agar proses pembelajaran berlangsung PAIKEM
2. Untuk Peserta didik
Ø Membantu peserta didik agar lebih mudah menerima materi pembelajaran.
Ø Membantu peserta didik lebih konsentrasi dalam proses pembelajaran.
Ø Membantu peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran
Ø Membantu anak agar dapat belajar secara PAIKEM
A.3. Fungsi
1.Mengenalkan kosep sama dan tidak sama jumlah benda pada anak.
2.Mengenalkan macam-macam benda pada anak.
3.Mengenalkan macam-macam warna pada anak.
B. PEMBAHASAN
.1.Media
· -Kartu mainan bergambar apel dan jeruk dengan warna berbeda (merah ,kuning ,hijau)
· -Kartu mainan bergambar sepasang benda yang berbeda jumlah dan warnanya.
.2. Kegiatan
2.1.a.Guru membagikan Kartu mainan bergambar apel dan jeruk dengan warna berbeda kepada
sejumlah anak( Jangan sampai kurang). Selanjutnya
Guru bertanya” siapa yang belum dapat kartu ? berarti jumlah kartu sama dengan jumlah
anak.
2.1.b.Guru memerintahkan pada anak yang pegang kartu bergambar jeruk maju dengan
membentuk
kelompok. Dan guru memerintahkan anak yang pegang buah apel maju dan membentuk
kelompok.
2.1.c.Guru memerintahkan anak menjadi 3 kelompok warna gambar yang
berbeda(merah,kuning,hijau).
2.2. Guru membagi Kartu mainan bergambar sepasang benda yang berbeda jumlah dan
warnanya.dan guru memerintahkan kepada anak untuk memasangkan gambar benda yang
sesuai.dan menayakan mana yang lebih banyak.
C.KESIMPULAN
Dari apa yang disampaikan penulis diatas adalah salah satu diantara bermacam-macam media yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan pendidikan baik yang berbentuk nilai moral keagamaan maupun kemampuan yang lain yang terkait dengan perkembangan kemampuan dasar yang harus dikembangkan pada diri anak.
Kesimpulannya adalah bahw banyak cara dan media yang bisa digunakan untuk untuk proses pembelajaran didunia anak anak,tergantung sejauh mana kemampuan, kemauan,ketrampilan dan kereaatifitas seeorang,khususnya para guru dan pendidik.
D.SARAN-SARAN
Makalah diatas adalah malalah yang paling sederhana yang penulis sampaikan sebagai persyaratan mengikuti lomba Pembelajaran Inovatif.Tentu saja disana-sini masih banyak kekurangan.Oleh karena itu saran dan kritik dari semua pihak yang berkepentingan diharapkan kritik dan saran untuk baiknya dan sempurnanya makalah ini.
E.PENUTUP
Demikian Apa Yang Penulis Sampaikan Semoga Yang Sedikit Ini Bisa Bermanfaat Bagi Banyak Orang Khususnya Bagi Guru Tk Dn Paud Yang Kesehariannya Mendidik Dan Membimbing Anak Anak Sebagai Benerasi Penerus Bangsa Ini.Semoga Tuhan Yang Maha Esa Selalu Memberikan Petunjuk Kepada Kita Semua Amin
.Daftar Pustaka
- Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak sebagai Panduan……..Agus
S,Tangyong,dll.(GramediaIndonesia,Jkt 1994)
- Kurikum Pembelajaran ( 2004)
- Pembelajaran Interaktif( workshop APBNP Jawa timur Nopember 2011)
iii
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL A.PENDAHULUAN A.1.Latar belakang A.2.Tujuan 2.1.Untuk Pendidik 2.2.Untuk Peserta Didik A.3..Fungsi B.Pembahasan .1.Media .2.Kegiatan C..Kesimpulan D.SARAN E.PENUTUP . Daftar Pustaka | …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… | Halaman iii 1 1 1 1,2 2 2 3 3 4 4 5 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar