Pages

Kamis, 16 Mei 2013

Mengenalkan kosep dasar matematika TK ( = ) sama dan ( # )tidak sama


A.PENDAHULUAN
A.1. Latar Belakang
Sebenarnya, disadari atau tidak, guru sudah lama jadi figure yang paling kreatif dan inovatif. Modalnya, pertama, dari segi personal/pribadi. Seorang guru adalah pribadi pilihan. Ia punya kepribadian yang matang dan berkembang, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat. Ia juga mempunyai keterampilan untuk membangkitkan minat peserta didik dan mengembangkan profesi secara berkesinambungan. Banyaknya kompetensi, peran bahkan harapan yang melekat pada guru, baik sebagai pembawa pesan di depan kelas maupun sebagai anggota masyarakat menunjukkan bahwa guru adalah sosok figur di tengah-tengah kita.
Dengan latar belakang yang seperti tersebut diatas kreativias dan Inovasi dalam pembelajaran bukanlah hal yang asing bagi seorang guru/pendidik.
Dari uraian tersebut diatas muncul sebuah diskripsi “ guru menggunakan media belajar untuk menyampaikan sebuah topik  pembelajaran.

A.2. Tujuan
 1. Untuk Pendidik:
Ø  Membantu pendidik agar lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
Ø  Membantu pendidik  agar lebih mudah memusatkan perhatian anak
Ø  Membantu pendidik agar peserta didik  lebih aktif dalam proses pembelajaran
Ø  Membantu pendidik  agar proses pembelajaran berlangsung  PAIKEM

2.  Untuk Peserta didik
Ø  Membantu peserta didik agar lebih mudah menerima materi pembelajaran.
Ø  Membantu peserta didik lebih konsentrasi dalam proses pembelajaran.
Ø  Membantu peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran
Ø  Membantu anak agar dapat belajar secara PAIKEM
A.3. Fungsi
1.Mengenalkan  kosep sama dan tidak sama jumlah benda pada anak.
2.Mengenalkan macam-macam benda pada anak.
3.Mengenalkan macam-macam warna pada anak.
B. PEMBAHASAN
.1.Media
·         -Kartu mainan bergambar apel dan jeruk  dengan warna berbeda (merah ,kuning ,hijau)
·         -Kartu mainan bergambar sepasang benda yang berbeda jumlah dan warnanya.



.2. Kegiatan
2.1.a.Guru membagikan Kartu mainan bergambar apel dan jeruk  dengan warna berbeda kepada  
        sejumlah anak( Jangan sampai kurang). Selanjutnya
        Guru bertanya” siapa yang belum dapat kartu ? berarti jumlah kartu sama dengan jumlah   
        anak.
 2.1.b.Guru memerintahkan pada anak yang pegang kartu bergambar jeruk maju dengan    
        membentuk
        kelompok. Dan guru memerintahkan anak yang pegang buah apel maju dan membentuk  
        kelompok.
 2.1.c.Guru memerintahkan  anak menjadi 3 kelompok warna gambar yang               
        berbeda(merah,kuning,hijau).
2.2.  Guru membagi Kartu mainan bergambar sepasang benda yang berbeda jumlah dan   
        warnanya.dan guru memerintahkan kepada anak untuk memasangkan gambar benda yang
        sesuai.dan menayakan mana yang lebih banyak.
C.KESIMPULAN
Dari apa yang disampaikan penulis diatas  adalah salah satu diantara bermacam-macam media yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan  pendidikan baik yang berbentuk nilai moral keagamaan maupun kemampuan yang lain yang terkait dengan perkembangan kemampuan dasar yang harus dikembangkan pada diri anak.
Kesimpulannya adalah bahw banyak cara  dan media yang  bisa digunakan untuk untuk proses pembelajaran didunia anak anak,tergantung sejauh mana kemampuan, kemauan,ketrampilan  dan kereaatifitas seeorang,khususnya para guru dan pendidik.
D.SARAN-SARAN
Makalah diatas adalah malalah yang paling sederhana  yang penulis  sampaikan sebagai persyaratan mengikuti lomba Pembelajaran Inovatif.Tentu saja disana-sini masih banyak kekurangan.Oleh karena itu saran dan kritik dari semua pihak yang berkepentingan diharapkan kritik dan saran untuk baiknya dan sempurnanya makalah ini.
E.PENUTUP
Demikian Apa Yang Penulis Sampaikan Semoga Yang Sedikit Ini Bisa Bermanfaat Bagi Banyak Orang Khususnya Bagi Guru Tk Dn Paud Yang Kesehariannya Mendidik Dan Membimbing Anak Anak Sebagai Benerasi Penerus Bangsa Ini.Semoga Tuhan Yang Maha Esa Selalu  Memberikan Petunjuk Kepada Kita Semua  Amin
.Daftar Pustaka
- Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak sebagai Panduan……..Agus  
   S,Tangyong,dll.(GramediaIndonesia,Jkt 1994)
- Kurikum Pembelajaran  ( 2004)
- Pembelajaran Interaktif( workshop APBNP Jawa timur Nopember 2011)

iii
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
HALAMAN  JUDUL
A.PENDAHULUAN
A.1.Latar belakang
A.2.Tujuan
2.1.Untuk Pendidik
2.2.Untuk Peserta Didik
A.3..Fungsi
B.Pembahasan
.1.Media
.2.Kegiatan
C..Kesimpulan
D.SARAN
E.PENUTUP
. Daftar Pustaka

 ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Halaman
iii
1
1

1
1,2
2

2
3
3
4
4
          5

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates