Pages

Minggu, 12 Mei 2013

PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI LAGU-LAGU





PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI LAGU-LAGU

MENGAPA MULTIMEDIA  INTERAKTIF DIPERLUKAN SAAT PEMBELAJARAN BERLANGSUNG
 Karena    merupakan    pembelajaran    yang ditujukan untuk menyalurkan pesan pembelajaran melalui pengetahuan,ketrampilan,sikap agar dapat merangsang pikiran ,perasaan,perhatian dan kemauan siswa  dalam belajar ,sehingga PBM terjadi dan bertujuan   agar pembelajaran dapat terkendali (dirancang agar siswa dapat mandiri ,aktif dan terkendali

PENGERTIAN
 MULTIMEDIA  :  SUATU  MEDIA  YANG  SANGAT KOMPLEKS YG MENGGABUNGKAN   BEBERAPA UNSUR MEDIA YANG MELIBATKAN TEKS,GRAFIS,GMBR FOTO, AUDIO,VIDEO, DAN ANIMASI SECARA TERINTEGRASI

MANFAATNYA
 Adanya  Multi  media  interaktif  (MPI)  dapat membantu guru mendesain pembelajaran secara kreatif,dengan harapan pembelajaran menjadi inovatif,menarik,lebih interaktif,efektif,sehingga kualitas pembelajaran akan menigkat,PBM   dapat dilakukan dimana saja,sehingga sikap dan minat siswa dapat ditingkatkan


KELEBTHANNYA
 Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidaktampak  oleh  mata.......dg  multimedia    maka dapat dinampakkan
 Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak dapat dihadirkan di TK
 Menyajikan     peristiwa     atau     benda     yang kompleks,rumit,dan dapat berlangsung cepat/lambat
 Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya
 Meningkatkan    daya    tarik    dan    perhatian siswa...............(Meningkatkan motivasi belajar siswa)


MEDIA YANG DAPAT DIGUNAKAN:
1.    AUDIO BERUPA :
2.    TAPE RECORDER
3.    RADIO
4.    VCD TANPA GAMBAR
5.    VCD DENGAN GAMBAR (AUDIO VIDEO )
6.    MUSIK SEDERHANA
7.    MUSIK BUATAN SENDIRI

 FUNGSINYA :
 MEMPERMUDAH ANAK MENYANYIKAN LAGU BARU.
 GURU DAPAT MEMPERJELAS MAKNA LAGU /ISI LAGU
 MEMBUAT ANAK MERASA SENANG ,APALAGI BAGI ANAK YANG MEMPUNYAI KECERDASAN MUSICAL

PETUNJUK UMUM
 Guru  terlebih  dahulu   mendengarkan   dan mencermati   program   kegiatan   menyanyi dengan/tanpa...............................
 Guru     memahami     langkah     –     langkah pemanfaatan program
 Guru        menguasai        materi        tentang pengembangan    tema ,khususnya yang berkaitan dengan sub tema
 Guru menguasai lagu yang ada

 SEBELUM MENDENGARKAN PROGRAM
 Guru menyiapkan peralatan
 Guru menyampaikan appersepsi
 Guru mengajak anak  mengikuti perintah yang ada

PETUNJUK KHUSUS
2. SELAMA MENDENGARKAN PROGRAM
 Guru terlibat aktif
 Guru  dapat  mematikan  program     sesuai kebutuhan
 Guru memotivasi anak agar aktif

SETELAH MENDENGR PROGRAM
 Setelah selesai pemutaran Audio guru mengajak anak –anak menyanyi
 Guru mengajak anak diiringi musik menyanyikan lagu
 Guru mengembangkan sendiri , materi yang tersaji dengan tema yang diberikan  dengan pertanyaan yang berhubungan dengan lagu


URAIAN MATERI
 Syair lagu:...............
 Sumber bacaan : Kurikulum TK

LANGKAH-LANGKAH PENYAJIAN
 APPERSEPSI :SAPAAN ,TEMA,SUBTEMA
  NYANYIAN SECARA UTUH
  MENGAJAK ANAK MENDENGARKAN NYANYIAN SECARA UTUH
  NYANYIAN DIPUTAR LAGI SECARA UTUH
  MENGAJAK ANAK MENIRUKAN LIRIK LAGU BARIS DEMI BARIS DENGAN  NADA YG     BENAR
  MENYANYIKAN LAGU BARIS  DEMI BARIS DENGAN JEDA YANG CUKUP UNTUK ANAK – ANAK MENIRUKAN
  MENGAJAK ANAK MENYANYI BERSAMA
  LAGU DIPUTAR SECARA UTMEMBERUH
  DIPUTAR LAGI SECARA UTUH
  PENUTUP ;MOTIVASI SISWA UNTUK BERLATIH DAN MENUTUP KEGIATAN


LESSON PLANE
 TEMA
 SUB TEMA
 JUDUL
 LINGKUP PERKEMBANGAN
 TPP
 INDIKATOR
 ALAT /SUMBER BELAJAR
 LANGKAH – LANGKAH
 ALAT EVALUASI
 ASPEK YANG DINILAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates