Minggu, 12 Mei 2013
PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI LAGU-LAGU
PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI LAGU-LAGU
MENGAPA MULTIMEDIA INTERAKTIF DIPERLUKAN SAAT PEMBELAJARAN BERLANGSUNG
Karena merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk menyalurkan pesan pembelajaran melalui pengetahuan,ketrampilan,sikap agar dapat merangsang pikiran ,perasaan,perhatian dan kemauan siswa dalam belajar ,sehingga PBM terjadi dan bertujuan agar pembelajaran dapat terkendali (dirancang agar siswa dapat mandiri ,aktif dan terkendali
PENGERTIAN
MULTIMEDIA : SUATU MEDIA YANG SANGAT KOMPLEKS YG MENGGABUNGKAN BEBERAPA UNSUR MEDIA YANG MELIBATKAN TEKS,GRAFIS,GMBR FOTO, AUDIO,VIDEO, DAN ANIMASI SECARA TERINTEGRASI
MANFAATNYA
Adanya Multi media interaktif (MPI) dapat membantu guru mendesain pembelajaran secara kreatif,dengan harapan pembelajaran menjadi inovatif,menarik,lebih interaktif,efektif,sehingga kualitas pembelajaran akan menigkat,PBM dapat dilakukan dimana saja,sehingga sikap dan minat siswa dapat ditingkatkan
KELEBTHANNYA
Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidaktampak oleh mata.......dg multimedia maka dapat dinampakkan
Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak dapat dihadirkan di TK
Menyajikan peristiwa atau benda yang kompleks,rumit,dan dapat berlangsung cepat/lambat
Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya
Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa...............(Meningkatkan motivasi belajar siswa)
MEDIA YANG DAPAT DIGUNAKAN:
1. AUDIO BERUPA :
2. TAPE RECORDER
3. RADIO
4. VCD TANPA GAMBAR
5. VCD DENGAN GAMBAR (AUDIO VIDEO )
6. MUSIK SEDERHANA
7. MUSIK BUATAN SENDIRI
FUNGSINYA :
MEMPERMUDAH ANAK MENYANYIKAN LAGU BARU.
GURU DAPAT MEMPERJELAS MAKNA LAGU /ISI LAGU
MEMBUAT ANAK MERASA SENANG ,APALAGI BAGI ANAK YANG MEMPUNYAI KECERDASAN MUSICAL
PETUNJUK UMUM
Guru terlebih dahulu mendengarkan dan mencermati program kegiatan menyanyi dengan/tanpa...............................
Guru memahami langkah – langkah pemanfaatan program
Guru menguasai materi tentang pengembangan tema ,khususnya yang berkaitan dengan sub tema
Guru menguasai lagu yang ada
SEBELUM MENDENGARKAN PROGRAM
Guru menyiapkan peralatan
Guru menyampaikan appersepsi
Guru mengajak anak mengikuti perintah yang ada
PETUNJUK KHUSUS
2. SELAMA MENDENGARKAN PROGRAM
Guru terlibat aktif
Guru dapat mematikan program sesuai kebutuhan
Guru memotivasi anak agar aktif
SETELAH MENDENGR PROGRAM
Setelah selesai pemutaran Audio guru mengajak anak –anak menyanyi
Guru mengajak anak diiringi musik menyanyikan lagu
Guru mengembangkan sendiri , materi yang tersaji dengan tema yang diberikan dengan pertanyaan yang berhubungan dengan lagu
URAIAN MATERI
Syair lagu:...............
Sumber bacaan : Kurikulum TK
LANGKAH-LANGKAH PENYAJIAN
APPERSEPSI :SAPAAN ,TEMA,SUBTEMA
NYANYIAN SECARA UTUH
MENGAJAK ANAK MENDENGARKAN NYANYIAN SECARA UTUH
NYANYIAN DIPUTAR LAGI SECARA UTUH
MENGAJAK ANAK MENIRUKAN LIRIK LAGU BARIS DEMI BARIS DENGAN NADA YG BENAR
MENYANYIKAN LAGU BARIS DEMI BARIS DENGAN JEDA YANG CUKUP UNTUK ANAK – ANAK MENIRUKAN
MENGAJAK ANAK MENYANYI BERSAMA
LAGU DIPUTAR SECARA UTMEMBERUH
DIPUTAR LAGI SECARA UTUH
PENUTUP ;MOTIVASI SISWA UNTUK BERLATIH DAN MENUTUP KEGIATAN
LESSON PLANE
TEMA
SUB TEMA
JUDUL
LINGKUP PERKEMBANGAN
TPP
INDIKATOR
ALAT /SUMBER BELAJAR
LANGKAH – LANGKAH
ALAT EVALUASI
ASPEK YANG DINILAI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar