Tema : Diri Sendiri
Waktu : 3 Minggu
Sup tema :
Ø Mengenal diriku
Ø Mengenal tubuhku
Ø Kesukaanku
Pembiasaan
v Mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan
v Menyanyi lagu “Doa”
v Menyanyi lagu “Aku Punya Tangan dan Kaki”
v Menyanyi lagu “Tuhan Maha Esa”
v Mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan
v Makan bersama
Bahasa
v Bermain tebak suara
v Menirukan 4 urutan kata
v Melakukan 3 perintah secara berurutan
v Menyebutkan nama diri
v Menyebutkan jenis kelamin
v Bercerita tentang pengalaman
v Bermain tebak gerakan duduk, jongkok, dll.
v Bermain tepuk tangan menurut posisi
Kognitif
v Mengelompokkan gambar anak gemuk dan anak kurus
v Mengelompokkan gambar anak berambut keriting dan gambar anak berambut lurus
v Mengelompokkan buah yang besar dan kecil
v Berlomba mencari warna yang disenangi anak
v Mencari dan menempel gambar buah yang disenangi
v Membedakan macam-macam suara perkusi
v Membuat air teh
v Membuat sirup
v Membuat susu
v Membedakan macam-macam bau
v Menyebut urutan bilangan 1-4
v Menyebut urutan bilangan 1-5
v Membilang dengan benda-benda 1-4
v Membilang dengan benda-benda 1-5
v Membuat urutan bilangan 1-4 dengan benda-benda
v Membuat urutan bilangan 1-5 dengan benda-benda
v Menceritakan kegiatan waktu makan pagi
v Menceritakan kegiatan waktu makan siang
v Menceritakan kegiatan waktu makan malam
v Menyusun kepingan puzle
Seni
v Menggambar bebas dengan pensil warna
v Menggambar bebas dengan krayon
v Menggambar bebas dengan kapur tulis
v Menggambar bebas dari bentuk dasar titik (.)
v Menggambar bebas dari bentuk dasar lingkaran (o)
v Menggambar bebas dari bentuk dasar segitiga (D)
v Mewarnai gambar orang
v Mewarnai gambar buah
v Mewarnai gambar mainan
v Meronce manik-manik dengan 2 pola
v Mencipta satu bentuk bangunan dari balok
v Mencipta satu bentuk bangunan dari kepingan geometri
v Permainan warna dengan krayon
v Bertepuk tangan dengan 2 pola
v Ritmik Terpimpin
v Menyanyi lagu “Panca Indera”
Fisik/Motorik
v Menyisir rambut
v Mencuci dan melap tangan
v Memakai sepatu sendiri
v Membentuk mainan yang disenangi dengan plastisin
v Membentuk dengan adonan tepung
v Membentuk dengan pasir
v Membuat garis lengkung
v Membuat garis tegak
v Menggunting garis lurus
v Menggunting garis lengkung
v Mencocok dan menempel gambar orang
v Mencocok dan menempel gambar mainan
v Menyusun 12 kubus menjadi bentuk menara
v Berjalan pada garis lurus
v Berjalan pada garis lurus dengan membawa beban
v Meloncat dari ketinggian 30 cm
v Memanjat, bergantung, berayun
v Menendang bola ke depan
v Menendang bola ke belakang
v Merayap membentuk lingkaran
v Merangkak menerobos simpai
v Senam fantasi bentuk meniru
CONTOH RKH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK
UNTUK KELOMPOK B
RANCANGAN KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK : B
SEMESTER/MINGGU : I/1
TEMA/SUB TEMA : DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
HARI, TANGGAL : SENIN, 26 JULI 2007
WAKTU : 07.30 – 10.15
INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | ALAT/SUMBER BELAJAR | PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK | |
| | | Alat | Hasil |
- Mentaati peraturan yang ada (P) - Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, dan alamat rumah dengan lengkap (B) - Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban (FM) - Mencoba dan mengamati macam-macam rasa (K) - Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan-bahan alam) (S) - Meniru membuat garis tengah, datar, miring, lengkung, dan lingkaran (FM) - Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20 (K) - Bertepuk tangan dengan 3 pola (S) | Upacara bendera ± 15 menit I. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT ( KLASIKAL ) - Bernyanyi, berdoa, salam - Memperkenalkan diri sendiri - Pemberian tugas berjalan maju pada garis lurus II. KEGIATAN INTI ± 60 MENIT ( INDIVIDUAL/KELOMPOK ) - Eksperimen membuat teh manis - Menggambar bebas dengan krayon - Pemberian tugas meniru membuat garis lengkung III. ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT - Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan - Bermain IV. KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT ( KLASIKAL ) - Pemberian tugas menyebutkan urutan bilangan 1—10 - Pemberian tugas bertepuk tangan dengan 3 pola - Berdiskusi kegiatan hari ini - Menyanyi, berdoa, pulang | Tiang bendera dan bendera Anak (peraga langsung) Tali Air, teh, gula, cangkir, sendok Buku gambar, krayon Buku tulis, pensil Air, serbet, bekal anak, alat bermain di luar kelas Lambang bilangan 1-10 | Observasi Percakapan Unjuk kerja Hasil karya Penugasan | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar