Pages

Rabu, 02 Oktober 2013

CONTOH RKM DAN RKH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK UNTUK KELOMPOK B

Tema               :  Diri Sendiri
Waktu            :  3 Minggu
Sup tema         :
Ø  Mengenal diriku
Ø  Mengenal tubuhku
Ø  Kesukaanku

Pembiasaan
v  Mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan
v  Menyanyi lagu “Doa”
v  Menyanyi lagu “Aku Punya Tangan dan Kaki”
v  Menyanyi lagu “Tuhan Maha Esa”
v  Mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan
v  Makan bersama

Bahasa
v  Bermain tebak suara
v  Menirukan 4 urutan kata
v  Melakukan 3 perintah secara berurutan
v  Menyebutkan nama diri
v  Menyebutkan jenis kelamin
v  Bercerita tentang pengalaman
v  Bermain tebak gerakan duduk, jongkok, dll.
v  Bermain tepuk tangan menurut posisi

Kognitif
v  Mengelompokkan gambar anak gemuk dan anak kurus
v  Mengelompokkan gambar anak berambut keriting dan gambar anak berambut lurus
v  Mengelompokkan buah yang besar dan kecil
v  Berlomba mencari warna yang disenangi anak
v  Mencari dan menempel gambar buah yang disenangi
v  Membedakan macam-macam suara perkusi
v  Membuat air teh
v  Membuat sirup
v  Membuat susu
v  Membedakan macam-macam bau
v  Menyebut urutan bilangan 1-4
v  Menyebut urutan bilangan 1-5
v  Membilang dengan benda-benda 1-4
v  Membilang dengan benda-benda 1-5
v  Membuat urutan bilangan 1-4 dengan benda-benda
v  Membuat urutan bilangan 1-5 dengan benda-benda
v  Menceritakan kegiatan waktu makan pagi
v  Menceritakan kegiatan waktu makan siang
v  Menceritakan kegiatan waktu makan malam
v  Menyusun kepingan puzle




Seni
v  Menggambar bebas dengan pensil warna
v  Menggambar bebas dengan krayon
v  Menggambar bebas dengan kapur tulis
v  Menggambar bebas dari bentuk dasar titik (.)
v  Menggambar bebas dari bentuk dasar lingkaran (o)
v  Menggambar bebas dari bentuk dasar segitiga (D)
v  Mewarnai gambar orang
v  Mewarnai gambar buah
v  Mewarnai gambar mainan
v  Meronce manik-manik dengan 2 pola
v  Mencipta satu bentuk bangunan dari balok
v  Mencipta satu bentuk bangunan dari kepingan geometri
v  Permainan warna dengan krayon
v  Bertepuk tangan dengan 2 pola
v  Ritmik Terpimpin
v  Menyanyi lagu “Panca Indera”

Fisik/Motorik
v  Menyisir rambut
v  Mencuci dan melap tangan
v  Memakai sepatu sendiri
v  Membentuk mainan yang disenangi dengan plastisin
v  Membentuk dengan adonan tepung
v  Membentuk dengan pasir
v  Membuat garis lengkung
v  Membuat garis tegak
v  Menggunting garis lurus
v  Menggunting garis lengkung
v  Mencocok dan menempel gambar orang
v  Mencocok dan menempel gambar mainan
v  Menyusun 12 kubus menjadi bentuk menara
v  Berjalan pada garis lurus
v  Berjalan pada garis lurus dengan membawa beban
v  Meloncat dari ketinggian 30 cm
v  Memanjat, bergantung, berayun
v  Menendang bola ke depan
v  Menendang bola ke belakang
v  Merayap membentuk lingkaran
v  Merangkak menerobos simpai
v  Senam fantasi bentuk meniru



 CONTOH RKH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK
UNTUK KELOMPOK B

RANCANGAN KEGIATAN HARIAN
KELOMPOK                          :  B
SEMESTER/MINGGU            :  I/1
TEMA/SUB TEMA                  :  DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU
                        HARI, TANGGAL                   :  SENIN, 26 JULI 2007
                        WAKTU                                  :  07.30 – 10.15

INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
ALAT/SUMBER BELAJAR
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK



Alat
Hasil
- Mentaati peraturan yang ada (P)
- Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, dan alamat rumah dengan lengkap (B)
- Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban (FM)


-  Mencoba dan mengamati macam-macam rasa (K)
- Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan-bahan alam) (S)
- Meniru membuat garis tengah, datar, miring, lengkung, dan lingkaran (FM)


- Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20 (K)
- Bertepuk tangan dengan 3 pola (S)

Upacara bendera ± 15 menit

I. KEGIATAN AWAL  ± 30 MENIT
( KLASIKAL )
-  Bernyanyi, berdoa, salam
-  Memperkenalkan diri sendiri


-   Pemberian tugas berjalan maju pada garis lurus


II. KEGIATAN INTI  ± 60 MENIT
    ( INDIVIDUAL/KELOMPOK )
-    Eksperimen membuat teh manis
-  Menggambar bebas dengan krayon


-  Pemberian tugas meniru membuat garis lengkung

III. ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
-  Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
-  Bermain

IV. KEGIATAN AKHIR  ± 30 MENIT
( KLASIKAL )
-  Pemberian tugas  menyebutkan urutan bilangan 1—10
-  Pemberian tugas bertepuk tangan dengan 3 pola
-  Berdiskusi kegiatan hari ini
-  Menyanyi, berdoa, pulang

Tiang bendera dan bendera




Anak (peraga langsung)


Tali





Air, teh, gula, cangkir, sendok
Buku gambar, krayon



Buku tulis, pensil



Air, serbet, bekal anak, alat bermain di luar kelas




Lambang bilangan 1-10

Observasi
Percakapan
Unjuk kerja
Hasil karya
Penugasan












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates