Pages

Selasa, 01 Oktober 2013

LANJUTAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH ( BAB III. IV )

BAB III
PELAKSANAAN RENCANA PENGEMBANGNA SEKOLAH
A.      Langkah-langkah Pelaksanaan Kegiatan
    
No
Program
Jenis kegiatan
Langkah-langkah kegiatan
1
Penerimaan murid baru
Penerimaan murid baru dengan system seleksi yang baik
·    Pembentukan panitia
·    Penyediaan bahan tes seleksi
·    Penilaian yang objektif
2
Pengembangan muatan lokal
Kemampuan berbahasa Inggris, komputer, PLKJ dan IQRO
·    Guru profesional sesuai bidangnya
·    Peralatan yang memadai
3
Pengembangan pelaksanaan PBM
Active learning serta pembelajaran berpusat pada anak
·    Membaviasikan metode KBM yang PAKEM
4
Peningkatan prestasi belajar
Bimbingan belajar bidang studi pilihan dengan program remedial
·    Inventaris siswa yang berbakat
·    Pembinaan dan pengembangan materi
·    Latihan, pemberian tugas dan belajar mandiri
·    Mengikut sertakan lomba-lomba
·    Kegiatan ekstakurikuler
·    Pestival dan OSN
5
System evaluari
Evaluasi pengajaran konferhensif dari semua aspek yang dimiliki siswa
·    Penyelenggaraan evaluasi belajar secara periodik
·    Evaluasi belajar bulanan
·    Evaluasi belajar mingguan
6
Motivasi
Pemberian reward kelas maupun sekolah
·    Pemberian penghargaan bagi siswa guru, kelas dan sekolah yang berprestasi
7
Layanan bimbingan dan konseling
Bimbingan konseling bagi anak maupun orang tua dengan petugas profesional
·    Menyiapkan konselor yang profesional
·    Komunikasi yang efektif
8
Pembinaan disiplin, akidah dan akhlak
Pembiasaan disiplin dan penanaman akidah dan akhlak melalui muatan IMTAQ
·    Mensosialisasikan tata tertib
·    Menentukan kegiatan keagamaan pesantren kilat, membiasakan siswa berjabat tangan dan mengucap saam  ketika bertemu guru

No
Program
Jenis kegiatan
Langkah-langkah kegiatan
9
Lingkungan sekolah
Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif aman dan nyaman untuk proses belajar mengajar
·    Tata tertib sekolah
·    Mewujudkan sekolah yang bersih
·    Kerukunan antar warga sekolah
·    Kerja sama dengan warga
·    Kegiatan social dilingkungan
10
Pusat pengembagan bakat
Pusat pengembangan bakat, minat dan pembinaan prestasi
·    Program ekstra kurikuler
·    Menampung kreatifitas anak melalui sanggar seni
·    Menjalin kerjarama dengan sekolah lain dan lembaga yang relevan
·    Ikut lomba-lomba
11
Kompetensi
Menjadikan SDM sekolah yang berkompetensi dalam bidangnya masing-masing
·    Pembinaan pegawai
·    Super visi kelas
·    Pelatihan khusus
·    Mengirim guru ikut seminar dan penataran
·    Studi banding
·    Ikut lomba-lomba
12
Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang ideal untuk bersaing di dunia global
·    Melengkapi sarana ruang kelas dengan media pengajaran
·    Perpustakaan sekolah
·    Lapangan olah raga yang memadai
·    Lab computer, IPA dan bahasa
13
Kerjasama
Menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan maupun non pendidikan dalam rangka pengembangan mutu
·    Mengikuti program KKG
·    Kerjasama dengan pihak lain dalam penyelenggaraan pelatihan-pelatihan.
·    Penyelenggaraan worh shop dengan pihak luar
·    Studi banding
14
Bahasa pengantar
Pengantar dwi bahasa dengan bahasa Indonesia dan Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran
·    Pengembangan penguasaan bahasa Inggris dengan bantuan Native speaker
·    Pembiasaan berbahasa Inggris oleh guru dan murid (English day)
No
Program
Jenis kegiatan
Langkah-langkah kegiatan
15
Pusat informasi
Pusat informasi bagi sekolah dilingkungannya
·    Menyelenggarakan kegiatan pameran
·    Memfasilitasi kegiatan semiar, work shopkerja sama dengan Dinas Dikna dan lembagai lain yang relevan dalam mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah,
16
Kegiatan olah rga dan kesenian
Pembinaan ekstrakurikuler  olah raga dan keseniaan dan lomba-lomba
·    Kegiatan ekstra kurikuler
·    Latihan yang continue
·    Mengikuti lomba-lomba atau pagelaran

B. Indikator Keberhasilan
    1.   Terlaksananya kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efisien dan menyenangkan.
    2.   Terlaksananya pembelajaran tematik kelas I dan II
    3.   Terwujudnya warga sekolah yang disiplin, taat beragama, sopan santun dn peduli.
    4.   Meningkatnya daya serap kurikulum
    5.   Meningkatnya nilai ujian akhir
    6.   Meningkatnya jumlah siswa yang diterima di SLTP unggulan
    7.   Meningkatnya prestasi kejuaraan/lo,ba-lomba bagi siswa dan guru
    8.   Terlaksananya kompetensi data administrasi
    9    tersedianya sarana prestasi pendidikan yang diperlukan
    10. Meningkatnya jenjang pendidikan guru
    11. Meningkatnya peran masyarakat yang lebih efekti

C.      Dukungan Sumber Dana
    Sumber dana diperoleh dari
    a.   Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupa BOP, dan tunjangan kesejahteraan guru
    b.   Pemerintah psuat berupa BOS (bantuan operasional sekolah)
    c.   Dana partisipasi masyarakat melalui Komite Sekolah

D.      Faktor Pendukung
    1.   SDM
          1.1   Jumlah dan kualitas guru sebagian besar memiliki  masa kerja lebih dari 20 tahun dan rata-rata sudah golongan IVa
          1.2   Loyalitas guru dan karyawan yang cukup tinggi serta kualitas guru yang cukup memadai dan berwawasan.
          1.3   Guru-guru yang berpengalaman, sebagian besar memiliki masa kerja kerja lebih dari 20 tahun dan rata-rata sudah golongan IVa
          1.4   Kondisi sosial ekonomi yang baik dan pendidika orang tua rata-rata berijasah S-1
          1.5   Rekrutmen calon siswa telah melalui seleksi (tes potensi akademik)
    2.   Komite Sekolah dan Orang Tua Murid
          2.1   Komite sekolah dan orang tua murid selalu mendukung secara aktif baik moril maupun finansial.
          2.2   Kerjasama yang harmonis antara Kepala Sekolah, Guru Komite Sekolah selalu terjalin dengan baik.
    3.   Sarana dan Prasarana
          3.1   Ruang belajar yang memadai
          3.2   Ruang guru dan ruang kepala sekolah
          3.3   Perpustakaan, labolaurium komputer, Lab IPA, Mushola, Lapangan bermain dan olah raga, Mushola, kantin, Ruang UKS, Taman lalu lintas.
          3.4   WC guru dan murid serta sumber air bersih yang memadahi
          3.5   Pagar dan taman sekolah yang baik terawat rapi
          3.6   Alat belajar dan alat peraga sangat memadahi
    4.   Keberadaan Sekolah Yang Sangat Diminati Masyarakat
          4.1   Berada dilingkungan yang bersih dan asri
          4.2   Fasilitas sekolah yang lengkap
          4.3   Prestasi siswa maupun sekolah yang cukup baik
          4.4   Mudah dijangkau
          4.5   Keamanan lingkungan yang baik

E. Faktor Penghambat
    1.   Kemampuan orang tua belum seluruhnya sesuai dngan keinginan sekolah dalam hal pengembangan sarana dan prasarana.
    2.   calon murid antusias tinggi bermaksud masuk kesekolah ini tetapi kapasitas belum memadahi.
    3.   Peningkatan SDM guru belum dapat terwujud sepenuhnya karena adanya kendala situas kondisi diantaranya biaya hidup dan waktu.
    4.Penambahan sarana dan prasarana, renovasi gedung belum memadahi dari pemda DKI Jakarta.
    5.   Ruangan khususuntuk kegiatan ekstrakurikuler belum ada.
    6.   Kepedulian orang tua demi kemajuan anaknya masih ada kendala


BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
              Rencana pembangunan sekolah (RPS) ini akan dapat terlaksana dan terwujud bila ada itikad baik dan kerja keras dari semua komponen penyelenggaraan pendidikan di Sekolah………….. baik kepala sekolah, guru/karyawan, siswa, orang tua murid komite sekolah, dinas pendidikan dasar serta kerja sma dari semua pihak (Stake Holder) yang berkompeten dalam penyelenggaraan pendidikan di Sekolah……….

B. Saran
              Saran ini ditujukan kepada semua pihak yang terkait dnegan (Stake Holder) penyelenggaraan pendidikan di Sekolah…………..
    1.   Kepada para pembina pendidikan agar kiranya senantiasa memberikan bimbingan secara intensif, konsisten dan konsekuen.
    2.   Kepada semua guru/ karyawan agar senantiasa meningkatkan wawasan, keterampilan, kreatifitas, dan profesionalismenya sesuai tuntutan perkembangan IPTEK, serta agar bersikap terbuka terhadap pembaharuan di bidang pendidikan.
    3.   Kepada semua siswa agar senantiasa meningkatkan motivasi dan semangast belajar guna mencari bekal ilmu dan keterampilan sebanya-banyaknya menuju masa depan yang lebih baik.
    4.   Kepada  semua anggota dan pengurus komite sekolah agar dapat lebih solid dan meningkatkan peranannya dalam mendukung pelaksanaan program-progam sekolah.
    5.   Kepada semua  orang tua siswa agar tetap eksis mendukung setiap kegiatan pendidikan anak-anaknya baik di sekolah, di rumah, maupun di luar rumah.
    6.   Kepada pemerintah agar lebih transparan dalam memberi kesempatan pengembangan karier, khususnya kepada guru/ karyawan yang kinerjanyan baik.
    7.   Kepada pemerintah (Kepala wilayah dan jajaran Dinas Pendidikan) agar dapat melengkapi  sarana prasarana pendidikan yang diperlukan termasuk kesejahteraan guru/karyawan, mengingat sampai saat ini masih ada guru/ karyawan yang berstatus honoree yang menjadi tanggung jawab komite sekolah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates